Duta dan Komputer

Duta tertarik Komputer

Anak-anak selalu tertarik dengan apapun yang dilakukan orangtua. Mereka mendekat dan ingin ikut serta melakukan kegiatan bersama. Itulah pengalaman kami bersama Yudhis dan Tata, dan sekarang juga terjadi pada Duta.

Duta dan KomputerKarena kami cukup intensif menggunakan komputer, anak-anak sejak dini sudah tertarik dengan komputer. Itulah sebabnya, mereka mengenal dan belajar komputer sejak dini tanpa sebuah perencanaan dan program khusus.

Seperti saat ini, Duta mulai tertarik dengan apa yang kami lakukan di depan komputer. Apalagi kalau speaker komputer dinyalakan dan dia mendengar ada bunyi-bunyian dari speaker. Dia mendekat dan kemudian minta ikut.

Sesekali, aku memperbolehkan Duta untuk ikut terlibat. Aku angkat dia dan aku pangku. Kemudian aku putar video atau melihat gambar tentang dia (diambil dari kamera digital). Awalnya dia kaget, kemudian bengong dan kegirangan melihat dirinya. Setiap orang memang punya bakat narsis kali, ya…Yang juga disukai Duta adalah foto dan video kakaknya serta orang-orang yang dikenalnya.

Kemarin aku menambahkan satu kegiatan Duta, yaitu bermain cilukba online (peek a boo). Situs yang aku temukan adalah: Laugh and Learn. Di situs ini, Duta cuma menggeprak-geprak kibor dan kemudian muncul gambar-gambar dan bunyi.

Kami bermain bersama sekitar 5 menit. Duta menikmati main kibor dan mendengar bunyi-bunyian yang keluar. Tetapi dia kemudian bosan dan mau memegang-megang yang lain.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.