Sumber Belajar Online

Tantangan zaman sekarang bukanlah kekurangan sumber informasi, tapi memilih dan memilah informasi yang melimpah agar bisa memberikan manfaat.

Dari pengalaman kami, kunci penting mencari sumber belajar di internet adalah

1. Mengenali dan mendefinisikan kebutuhan

2. Terampil mengunakan mesin pencari

 

Jika Anda tak dapat mendefinisikan dengan jelas kebutuhan, kemungkinan besar Anda akan terombang-ambing saat mencari atau tenggelam dalam lautan informasi. Anda sudah menghabiskan waktu berjam-jam, tapi tetap bingung setelahnya.

Dengan pendefinisian kebutuhan, Anda bisa menentukan kata kunci (keyword) dan menggunakan mesin pencari (Google). Semakin lengkap kata kunci yang dimasukkan dalam mesin pencari semakin akurat materi yang akan kita dapatkan.

Supaya tidak kusut, pilih materi belajar sesuai dengan kebutuhan anak SAAT INI.

Berikut ini beberapa sumber belajar yang sudah kami pilihkan untuk Anda untuk memulai perjalanan mencari sumber belajar di Internet. 

Sebagian besar sumber belajar online ini GRATIS pada saat kami mengumpulkannya. Jika Anda menemukannya berbayar, mungkin kebijakannya berubah seiring waktu.

Di dunia online kita menderita bukan karena ketiadaan pilihan, tapi lumpuh justru karena terlalu banyak pilihan.

Literasi Digital

Saat ini, keterampilan literasi yang perlu dimiliki anak tak lagi hanya kemampuan membaca & menulis. Tapi anak juga perlu memiliki literasi digital. Literasi digital adalah sikap dan kemampuan seseorang dalam penggunaan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

Ada 3 Jenis literasi digital menurut UNICEF:

Literasi Teknis

Literasi teknis adalah memahami komputer dan memiliki keterampilan teknis untuk menggunakan komputer dan piranti lunak/aplikasi untuk membantu kegiatan sehari- hari.

Kebanyakan orangtua mungkin tidak memahami kode pemrograman atau hal teknis seputar komputer. Tapi itu tidak berarti kita tidak dapat menemani anak-anak kita belajar kode atau memahami logika komputasional dan membantu mereka menjaga keamanan dalam dunia internet seperti menjaga privasi, memblokir atau bahkan melaporkan pengguna yang menggunakan atau melecehkan mereka.

Kalau zaman dulu belajar komputer itu berarti sama dengan belajar mengetik, maka pemahaman standar teknis komputyer yang perlu dimiliki anak zaman sekarang berkembang menjadi lebih luas, antara lain:

  • Pemrograman (coding) adalah bahasa universal yang menggerakkan teknologi. Memiliki pemahaman dasar pemrograman mempermudah anak memahami bagaimana aplikasi dibuat dan bagaimana berkarya di dunia Internet.
  • Kolaborasi dalam lingkungan online memberikan kemampuan anak untuk bekerja kelompok dengan berbagai plaftorm. Salah satu contohnya, anak perlu belajar memakai Goole Drive untuk menyelesaikan tugas bersama, atau memaksimalkan aplikasi chat untuk rapat online.
  • Perangkat lunak pengolah kata (word processor) & angka (spreadsheet). Anak belajar menggunakan beragam perangkat pengolah kata seperti Google Docs, MS Words, Pages, Writer dan pengolah angka seperti Excel, Number, Google Sheet serta mampu berkolaborasi dengan orang lain saat bekerja.
  • Presentasi Digital yang membuat anak mampu mengolah foto dan membuat video sederhana, serta membuat presentasi untuk menjelaskan apa yang ada dalam pikiran mereka.

Literasi Media

Literasi media adalah kemampuan mengetahui, memilah dan mengenal kredibilitas informasi yang ada di Internet serta mampu menggunakannya secara bijaksana. Anak perlu belajar agar mampu mengenali berita palsu (hoax) dan tidak terlibat secara dalam proses mencipta informasi palsu atau meneruskannya kepada orang lain.

Anak perlu mengetahui bahwa tak semua yang ada di Internet adalah informasi yang benar. Anak perlu belajar bahwa ada lembaga-lembaga yang memproduksi informasi dan berita dengan disiplin verifikasi. Tetapi ada juga yang sulit dipercaya karena proses produksi informasi dan berita tak memenuhi kaidah-kaidah profesional untuk melahirkan informasi yang kredibel.

Literasi Sosial

Literasi sosial adalah memahami cara berperilaku online dengan baik, baik dengan orang lain atau menyikapi perilaku masyarakat online.

Literasi sosial ini perlu dipelajari dan dikuasai anak karena sangat penting dalam proses interaksi di dunia maya. Banyak masalah yang di internet adalah masalah sosial yang membutuhkan solusi sosial.

Anak perlu memahami ketika mereka mengetik di layar, ada orang sungguhan yang akan menerima pesan mereka. Mereka harus memperhatikan apa dampak dari hal-hal yang mereka katakan, tuliskan, bagikan & unggah melalui internet.

Kasus cyber bullying, komentar yang kasar kepada orang lain, atau fitnah dan kebohongan yang terjadi di Internet seringkali terjadi karena para pengguna Internet tidak memahami literasi sosial dasar saat berinteraksi di Internet.

Berikut ini beberapa situs menarik untuk mengajarkan anak literasi digital dengan cara menyenangkan:

Google Interland adalah sebuah game online petualangan yang membuat anak belajar tentang keamanan digital dan menjadi warga internet yang baik dengan cara yang interaktif & menyenangkan.

Learn My Way adalah website belajar literasi digital bagi pemula yang dikemas dengan cara menarik. Materinya beragam, mulai cara pemakaian komputer, cara menjaga keamanan berinternet dan masih banyak lagi.

Lebih dari 125+ keterampilan yang bisa dipelajari dalam situs ini dari mulai dari materi keterampilan teknis menggunakan software dan aplikasi komputer.

Di situs ini kita bisa belajar aneka literasi teknis melalui modul-modul menarik, seperti pemakaian komputer yang baik, pengenalan software Windows & Mac, dll. Satu yang bagus dan penting dicoba adalah tentang Digital Footprint.

Coding adalah bahasa kreativitas masa kini. Semua anak-anak kita berhak mendapatkan kesempatan untuk menjadi kreator, bukan sekadar konsumen produk yang dihasilkan ilmu komputer.

Maria Klawe

Belajar Coding

Belajar coding (pemrograman) bukan ditujukan untuk menyiapkan anak menjadi seorang pemrogram yang bekerja di dunia teknologi. Belajar coding adalah belajar cara berpikir dan memecahkan masalah. Dengan belajar coding, anak-anak akan belajar berpikir sekaligus menghasilkan karya.

Code.org® adalah lembaga nirlaba yang didedikasikan untuk memperluas akses ke ilmu komputer dengan menyediakan kurikulum komputer untuk anak usia TK-SMA.

Code.org® menyelenggarakan kampanye Hour of Code setiap tahun yang melibatkan 10% dari semua siswa di dunia.

Dengan Scratch, anak bisa membuat sendiri cerita
interaktif, permainan atau animasi secara gratis dan
berbagi kreasi ke orang lain secara online.

Scratch membantu anak berfikir kreatif, sistematis &
bekerja kolaboratif, keterampilan penting untuk
kehidupan di abad ke-21.

Play Video

Situs belajar membuat aplikasi untuk anak. Tata pernah memakai situs ini untuk membuat beberapa aplikasi android sederhana. Klik di sini untuk belajar

Play Video

Situs belajar membuat game untuk anak kecil hingga dewasa. Tata pernah memakai ini untuk membuat beberapa game sederhana. Klik di sini untuk belajar

Swift Playgrounds adalah aplikasi iPad yang dirancang untuk mengajarkan anak cara memprogram di Swift secara gratis menggunakan teka-teki permainan.

Swift adalah bahasa pemrograman canggih yang dibuat oleh Apple dan digunakan oleh profesional
untuk membuat aplikasi iOS.

Belajar membuat aplikasi & game menggunakan aplikasi di HP secara gratis. Aplikasi ini diperuntukkan untuk anak usia 8 ke atas.

Tempat belajar bahasa pemrograman gratis seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, SQL menggunakan kode sederhana. Tutorial dimulai dari tingkat dasar hingga profesional.

Coursera adalah kelas online yang disediakan dari berbagai Universitas di dunia.

Sebagian besar kelas coursera gratis, namun ada juga beberapa kelas yang menawarkan sertifikat tertentu yang berbayar.

Apakah Anda ingin mengungkap rahasia alam semesta, atau Anda hanya ingin mengejar karir di abad ke-21, pemrograman komputer dasar adalah keterampilan yang penting untuk dipelajari.

Stephen Hawking

World-renowned theoretical physicist & cosmologist

Bahasa Inggris

Salah satu kunci agar bisa berselancar dengan nyaman di internet adalah dengan menguasai Bahasa Inggris. Berikut ini kumpulan permainan kata yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak.
Website menarik untuk belajar bahasa Inggris secara gratis
Fun English Games adalah situs dengan banyak permainan gratis untuk membantu mengajar bahasa Inggris.

Situs menarik berisi aneka permainan, video dan ide kegiatan untuk anak dengan tampilan menarik dari tokoh-tokoh sesame street.

Khan Academy Kids adalah aplikasi pendidikan yang gratis & menyenangkan serta cukup lengkap untuk belajar anak-anak.

Salah satu situs kesukaan Duta ketika kecil karena berisi tokoh-tokoh kereta api kesukaannya, Thomas & Friends.

LearnEnglish Kids adalah situs persembahan British Council, pakar pengajaran bahasa Inggris di dunia. Situs ini memiliki banyak permainan online, lagu, cerita, dan kegiatan gratis untuk anak-anak.

“Buta huruf di abad ke-21 bukanlah mereka yang tidak bisa membaca dan menulis, tetapi mereka yang tidak bisa belajar (learn), melepaskan (unlearn), dan belajar kembali (relearn). ”

Alvin Toffler

Buku Cerita

Medium belajar berkembang seiring zaman, tapi substansinya bisa jadi tetap sama. Dongeng dan cerita adalah kisah tentang kehidupan yang bisa menjadi pembelajaran efektif bagi anak-anak.

Kumpulan ebook berbahasa Indonesia dengan ilustrasi dan cerita yang menarik.

Berisi buku-buku yang diceritakan dengan cara menarik menggunakan video (storytelling), lengkap dengan ide aktivitas yang bisa dilakukan dari buku-buku tersebut. 

Ada lebih dari 600 cerita dalam bentuk audio yang bisa didengarkan secara gratis.
Lebih dari 100 buku digital dengan ilustrasi menarik bisa dibaca secara gratis, syaratnya hanya registrasi dan aktivasi email Anda dalam situs ini.
Perpustakaan digital yang bisa dibaca secara online atau diunduh dalam bentuk PDF.

Situs berisi buku-buku anak klasik yang sudah discan. Bisa diunduh secara gratis.

Kita tak bisa melawan zaman dengan melarang anak-anak menonton aneka video Youtube, tapi perlu menjadikan Youtube sebagai alat belajar yang efektif bagi anak-anak.

Aar Sumardiono

RumahInspirasi

Youtube Channel

Youtube bukan hanya berisi video hiburan. Youtube adalah ibarat ruang publik yang bebas diisi apapun. Penting bagi orangtua untuk menjadi akrab dengan media ini sehingga bisa menemani anak menemukan materi-materi yang seru dan menarik untuk proses belajar dan bertumbuh mereka.

Learn from yesterday live for today and hope for tomorrow. The important thing is not stop to questioning.

ALBERT EINSTEIN

Materi Sekolah

Materi pendukung untuk pelajaran-pelajaran di sekolah.

Unduh gratis buku pelajaran SD-SMA/SMK dalam bentuk PDF lengkap. Anda bisa pilih mau pakai kurikulum 2013 atau KTSP 2006
Situs ini berisi silabus SD-SMP-SMA berdasarkan kurikulum 2013 versi revisi tahun 2016 untuk semua mata pelajaran.
Situs yang sangat lengkap untuk menjadi sumber belajar anak-anak, mulai usia dini sampai dewasa. Materi di Khan Academy mencakup pengetahuan matematika, sains, komputer, seni, ekonomi, kemanusiaan, persiapan menuju kuliah dsb. Tersedia juga aplikasi khusus untuk anak Khan Academy Kids yang bisa diunduh di Android atau iOS.
Situs lengkap untuk sumber belajar dari mulai seni, kesehatan, sejarah, bahasa, matematika, olahraga, sains, dll.
Core Knowledge Foundation adalah organisasi independen, nirlaba, non-partisan yang berbasis di Charlottesville, Virginia. Berisi kurikulum untuk prasekolah sampai SMP
Belajar geografi tidak harus membosankan. Dengan model seperti bermain game, anak dapat belajar tentang negara, ibu kota, bendera, sungai, danau, dan pengetahuan geografi lain dengan cara yang menyenangkan

Kurikulum Lain

AmblesideOnline adalah kurikulum homeschool gratis yang menggunakan prinsip-prinsip berbasis klasik Charlotte Mason untuk mempersiapkan anak menghadapi kehidupan hubungan yang kaya dengan segala sesuatu di sekitar mereka: Tuhan,  kemanusiaan, dan dunia alam. Jadwal terperinci AO, metode yang telah teruji waktu, dan sumber daya guru yang luas memungkinkan orang tua untuk fokus secara efektif pada kebutuhan unik setiap anak.

Perpustakaan AmblesideOnline menampung koleksi besar bahan Charlotte Mason asli, yang telah didigitasi para relawan AO.

Discovery Online adalah kurikulum Online yang membimbing anak sesuai level dari hari ke hari. Gratis untuk Murid (mengikuti asupan materi yang ditentukan oleh K12), berbayar kalau mau
mengatur sendiri asupan materi harian dan mendapatkan rapor dan sertifikat.

Ramu sendiri kurikulum untuk anak Anda secara digital menggunakan aneka sumbe yang disediakan secara gratis di web CK12

Situs Education.com  menyediakan materi printable & ide kegiatan lengkap untuk usia pra-sekolah sampai SMA. Materinya gratis jika kita sabar mengunduh satu persatu, kalau ingin mengunduh secara paket harus membayar biaya member

Temukan banyak materi printable gratis untuk anak-anak seperti halaman mewarnai, labirin, gambar tersembunyi, dot-to-dot, warna dengan angka, permainan anak-anak
dan banyak lagi di situs All Kids Network.

Website Help My Kid Learn berisi banyak ide pembelajaran menarik untuk anak usia 0-12 yang dibagi
sesuai usia.

Easy Fun School menyediakan lebih dari 1500 halaman berisi unit studi, proyek sains, resep dan aneka ide kegiatan yang bisa diakses gratis di situs ini. Walau tampilan situs ini sangat sederhana, tapi isinya sangat padat & berharga.

National Geography Kids berisi aneka informasi & sumber belajar menarik dari National Geographic yang dikemas khusus untuk anak.

Serupa dengan Situs NatgeoKids, Wonderpolis memberikan fakta-fakta menyenangkan tentang dunia kita dan ragam hewannya. Begitu banyak fakta menyenangkan untuk
dijelajahi!

Funbrain berisi aneka permainan untuk belajar membaca, matematika, dan mengenal banyak hal
dengan cara menyenangkan.

Lebih dari 50.000 video edukasi terbagi dalam 5000 kategori bisa diakses secara gratis di situs Watch Know Learn

Make Me Genius berisi ratusan sumber belajar sains untuk anak pra sekolah sampai SMP

The future of work won’t be about college degrees, it will be about job skills

Hobi dan Keterampilan

Internet berlimpah dengan aneka tutorial, kelas online, dan petunjuk untuk mengasah keterampilan berkarya. Penting bagi orangtua untuk membimbing anak mengenali diri dan menekuni hobi yang bisa menjadi pintu pembuka untuk dunia-dunia profesi baru yang terkembang di masa depan.

Menggambar

Draw a box adalah situs belajar yang sangat lengkap, profesional & gratis.

Pastikan untuk mengunyahnya pelan-pelan, karena Irshad
Karim menjelaskan step by step dari mulai dasar sampai
mahir.

Belajar menggambar bersama Rich Davis, pengarang buku 1 Minute Artist, yang
mengajarkan menggambar secara mudah dan menyenangkan

Sparkle Box menyediakan puluhan cara menggambar step-by-step menggunakan materi yang bisa diprint.

Selama lebih dari satu dekade, ArtGraphica telah menyediakan pelajaran seni
berkualitas untuk mendidik dan menginspirasi seniman dari semua latar belakang dan usia. Dengan lebih dari seratus pelajaran online gratis, Anda akan menemukan banyak
teknik. Mulai dari pensil sederhana hingga cat minyak, pastel, pena, dan cat air di bawah
ini.

Temukan banyak materi printable gratis untuk anak-anak seperti halaman mewarnai, labirin, gambar tersembunyi, dot-to-dot, warna dengan angka, permainan anak-anak
dan banyak lagi di situs All Kids Network.

Hands on Project

Ratusan ide project & percobaan keren mencakup matematika, seni, sains, elektro, robotik, dll untuk anak usia dini sampai SMA bisa dinikmati di web Instructable.

Desain Grafis

Envato Tuts menyediakan ribuan tutorial yang mengajarkan banyak aspek desain, dari mulai menggambar dengan tangan sampai menggunakan media digital seperti photoshop & Ilustrator.

Catur

Chess.com menyediakan tempat berlatih chess yang menarik.

Masak

Spatulatta adalah menarik dimana anak mengajarkan anak lain untuk masak.

Temukan resep-resep yang mudah, cepat & murah agar anak bisa belajar masak yang sehat dan mengenal sains dibalik resep dalam web Kidspot.

Temukan puluhan resep menarik yang sederhana dan bisa dimasak bersama anak di dapur dalam web Good Food.

Beragam resep menarik yang mudah dan disukai anak dapat ditemukan dalam situs Food Network

Fotografi

Belajar lengkap tentang fotografi secara gratis. Dari mulai mengenal alat, teknik menggambil gambar sampai pengolahan pasca pemotretan di web ini.

Situs ini memberikan 12 teknik dasar fotografi agar anak bisa belajar cara mengambil foto lebih baik menggunakan kamera DSLR, kamera saku maupun kamera telpon genggam.

Improve Photography menyediakan serial belajar teknik fotografi dari dasar

Belajar fundamental fotografi secara lengkap di web Exposure Guide

Panduan visual untuk
bekerja dengan cahaya
dalam fotografi dan
belajar menggunakan
kamera Anda