resep-keto-pizza-tepung-kelapa

Resep: Keto Pizza

Duta itu kalau luka agak lama sembuhnya. Kami juga melihat ketika Duta mengkonsumsi gula lebih banyak dari biasanya, maka badannya langsung gatal-gatal dan banyak luka akibat garukan yang susah hilang.

Setelah menjalani pola makan Ketogenic yang rendah gula dan merasakan manfaatnya, aku mengajak Duta untuk mengubah pola makannya.

“Duta ikut ibu yuk, kita ketogenic supaya tambah sehat,” aku mengajak Duta dan ternyata Duta tak berkeberatan.

Sebenarnya Duta tidak “murni” ketogenic. Lebih tepatnya, kami hanya meminimalkan asupan gula dan karbohidrat kepadanya. Itu berarti, Duta tidak makan nasi, roti, kue manis, coklat, permen, minuman manis dan banyak hal lain yang mengandung gula.

Tapi jika Duta kepengen banget sesuatu yang mengandung gula seperti martabak cokelat atau kentang goreng, maka kami tetap mengizinkannya mengambil sedikit dan mengajarkannya menikmati perlahan supaya terasa betul enaknya.

Hari ini adalah hari ke 10 proses Ketogenic untuk Duta. Aku cukup kagum dengan ketahanan hatinya menahan diri dari ingin makan makanan manis kesukaannya. Sampai tadi sore, ketika aku sedang asyik mengerjakan modul membuat website, Duta mendatangiku dengan wajah sedikit muram. “Duta kangen roti. Ada roti yang boleh Duta makan nggak?”

Aku kemudian mengajaknya googling mencari resep roti yang keto-friendly, ternyata sebagian besar resep yang ada di Youtube menggunakan tepung almond yang aku tidak punya stoknya.

Akhirnya aku dan Duta sepakat untuk membuat pizza memakai resep dasar Coconut Flour Flatbread yang sempat kami buat beberapa waktu lalu. Hanya saja kali ini flatbreadnya dijadikan dasar pizza.

Ternyata hasilnya enaaak. Rotinya empuk, mungkin karena aku pakai santannya lebih banyak, jadi tekstur rotinya terasa lebih lembut.

Untuk topping, aku memakai potongan ayam yang ditumis dengan butter, saus tomat dan potongan keju mozzarella.
resep-keto-pizza

Resep Keto Pizza

Pizza Crust:
2 telur
2 sdm tepung kelapa
65 ml santan
2 sdm keju parut
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Topping:
Potongan Ayam
Saus tomat
Keju mozzarella

Langkah”

  1. Kocok telur, masukkan santan. Aduk rata.
  2. Masukkan tepung kelapa, keju, baking soda & baking powder secara bertahap hingga campur rata. Diamkan kurang lebih 5 menit.
  3. Siapkan topping sesuai selera. Kali ini aku menyiapkan potongan ayam yang ditumis dengan butter.
  4. Setelah 5 menit, masak “roti pizza” di wajan anti lengket. Beri sedikit butter. Tutup sampai berbuih. Lalu balik dan tunggu sampai matang.
  5. Taruh roti di atas loyang, taburkan aneka topping kesukaan. Panggang hingga keju meleleh

resep-keto-pizza-tepung-kelapa

 

 

Share this post

1 thought on “Resep: Keto Pizza”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.