(c) The Jakarta Post

Mengenal Gavel Club – Toastmaster

Gavel Club adalah sebuah kegiatan pengembangan diri dalam hal kepemimpinan (leadership) dan presentasi (public speaking) untuk anak-anak usia  di bawah 18 tahun. Gavel Club merupakan bagian dari Toastmaster, yang ditujukan untuk orang dewasa.

Secara umum, kegiatan presentasi dilakukan dalam bahasa Inggris. Tetapi ada juga kegiatan Toastmaster yang sepenuhnya dilakukan dalam bahasa berbeda (misalnya: Bahasa Indonesia).

Toastmaster didirikan pada 1924, memiliki lebih dari 300 ribu anggota dan 15000 klub di 135 negara. Di Jakarta, ada hampir 60 klub Toastmaster.

Kegiatan Non-Profit

Gavel Club – Toastmaster adalah sebuah kegiatan non-profit. Ada biaya tahunan bagi peserta untuk menjaga komitmen para peserta.

Jadwal dan lokasi kegiatan Gavel Club – Toastmaster berbeda-beda. Informasi tentang lokasi kegiatan Gavel Club – Toastmaster bisa dicari di: http://www.toastmasters.org/Find-a-Club . Karena kegiatan utamanya adalah Toastmaster untuk orang dewasa (> 18 tahun), di sebuah lokasi belum tentu ada Gavel Club. Anda harus menghubungi sendiri lokasi Toastmaster untuk memastikan keberadaan Gavel Club.

Di Jakarta, salah satu lokasi yang menyelenggarakan Gavel Club adalah di Mercantile Club, gedung World Trade Center lt 18, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.

Jadwal Gavel Club di WTC berlangsung hari Sabtu, pukul 10.00-12.00 WIB.

(c) The Jakarta Post

Kegiatan Gavel Club – Toasmaster

Sebuah sesi kegiatan Gavel Club berlangsung selama kurang lebih 2 jam dipimpin seorang Toasmaster. Inti kegiatannya adalah menyampaikan pendapat/pidato (sesuai petunjuk) dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Kegiatan ini disampaikan dalam bahasa Inggris.

Pertemuan berlangsung 2x sebulan dan jadwalnya tergantung kesepakatan para anggota Gavel Club.

Dalam kegiatan Gavel Club/Toastmaster, para peserta berbagi peran, antara lain:

  • Toastmaster: tuan rumah dan pemimpin acara yang mengatur aliran kegiatan selama acara berlangsung
  • Ah-Counter: untuk menghitung jumlah ah uh atau kata-kata yang tak diperlukan saat presentasi/pidato
  • Timer: memantau waktu yang digunakan peserta saat presentasi
  • Topicsmaster: peserta yang menentukan tema diskusi dalam sesi table topics
  • Grammarian: memberikan feedback untuk meningkatkan kemampuan dalam aspek grammar. Biasanya peran ini dilakukan oleh orang dewasa
  • General Evaluator: mengevaluasi semua yang berlangsung selama sesi pertemuan.

Secara umum, dalam sesi pertemuan Gavel Club ada 2 jenis presentasi.

Yang pertama adalah Table Topics. Seorang peserta memberikan tema atau pertanyaan tetentu. Setelah itu Toastmaster akan menjadi pemandu lalu lintas pembicaraan dengan memberikan kesempatan pada setiap peserta untuk menyampaikan pendapatnya dalam 1-2 menit. Di akhir acara, Timer akan memberikan evaluasi dan feedback tentang presentasi yang dilakukan peserta.

Yang kedua adalah Prepared Speech. Peserta, melakukan presentasi sesuai tema dalam Basic Modules Toastmaster. Presentasi dilakukan selama 6-7 menit. Untuk melakukan prepared speech, peserta harus sudah mendaftar lebih dahulu.

Secara periodik, Gavel Club & Toastmaster menyelenggarakan kompetisi pidato diantara para anggotanya.

Basic Modules Toastmasters

Ada 10 tema dalam Basic Modules Toastmaster, yaitu:

Speech 1: The Ice Breaker
Speech 2: Organize Your Speech
Speech 3: Get to the Point
Speech 4: How to Say It
Speech 5: Your Body Speaks
Speech 6: Vocal Variety
Speech 7: Research Your Topic
Speech 8: Get Comfortable With Visual Aids
Speech 9: Persuade With Power
Speech 10: Inspire Your Audience

Di akhir acara, semua pemeran (timer, ah-counter, grammarian, general evaluator) memberikan laporan. Juga ada penilaian diantara peserta siapa yang melakukan presentasi terbaik dalam sesi pertemuan tersebut.

***

Untuk mendaftar Gavel Club World Trade Center Jakarta, silakan menghubungi Michael Nicholson di: michael.otto.nicholson@gmail.com

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.