(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-16

Perkembangan Bayi Anda

Berat bayi anda sekarang sekitar 3,9 ons (110 gram) dan panjangnya sekitar 4,7 inci (12 cm). Bayi Anda mulai bisa memegang atau kepalanya tegak. Perkembangan otot wajahnya membuatnya bisa melakukan berbagai ekspresi seperti menyipitkan mata dan mengerutkan kening.

 

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Antara minggu 16 dan 18 kehamilan, dokter mungkin menawarkan tes trimester kedua (dikenal sebagai tes penanda ganda atau triple screen), yang mengukur kadar alpha-fetoprotein (AFP), protein yang dihasilkan oleh janin , dan hormon-hormon kehamilan hCG dan estriol dalam darah ibu. Tes ini disebut quadruple screen ketika tingkat zat inhibin-A juga diukur.

Jika Anda sudah melakukan tes darah dan/atau USG pada trimester pertama (tes skrining trimester), maka hasil kedua tes bersama-sama disebut tes skrining terpadu. Hasil tes ini dapat memberitahu ibu apakah bayi mereka beresiko untuk (bukan apakah mereka memiliki) cacat tabung saraf seperti spina bifida atau kelainan kromosom seperti sindrom Down.

Hasil abnormal tidak berarti bahwa bayi Anda memiliki masalah – tetapi mungkin berarti pengujian yang lebih dalam diperlukan. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang risiko dan keuntungan dari tes ini.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.