p_2048_1536_2180F084-37C6-41F7-9348-D84B12865FD7.jpeg

Level I

Hari ini Yudhis mulai masuk level I – buku Reading A to Z. Bukunya makin mendekati teks book “beneran”. Lengkap dengan “kata2 sulit”nya.

Aku gembira karena semakin hari proses pendampingan belajar bahasa Inggris Yudhis makin ringan. Kalau di awal dulu aku harus duduk disampingnya dari awal baca buku sampai akhir mengerjakan soal2 (setengah sampai sejam), maka kini aku bisa mendampinginya sambil masak.

Biasanya yang terjadi adalah, Yudhis membaca dulu sendiri buku reading A to Z yang dia pilih, mencari tahu arti kata2 sulit di kamus, baru setelah itu dia mendatangiku di dapur dan duduk d pojok dapur sambil membacakan isi buku.

Pembacaan pertama adalah mengecek pronounce-nya, setelah terdengar enak (dia bisa kuminta membaca dua/tiga kali sampai lancar) kemudian dia akan baca bahasa Inggris – dan hasil translate versinya. Setelah semua ok, Yudhis kemudian pergi untuk mengerjakan worksheet buku itu dan datang kembali padaku untuk diperiksa kerjaannya.

As simple as that, tapi karena dilakukan 5 kali seminggu, sedikit2 lama2 jadi bukit. Itulah menyenangkannya belajar di rumah, suasana yang santai (lengkap dengan kue2 dan minuman yg tersedia setiap saat), pelajaran demi pelajaran dikunyah anak dengan gembira dan semoga dapat diserap tubuh & pikirannya dengan baik.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Level I”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.