DutaCirebon600px

Homeschooling Duta sepanjang 2017

Setiap anak unik dan Duta relatif unik dibandingkan kakak-kakaknya dalam hal minat. Duta sangat fokus dan hanya meminati hal-hal tertentu. Jika dia meminati sesuatu, dia akan melakukannya dengan intens dan konsisten dalam jangka waktu yang lama.

Waktu kecil, Duta sangat suka dengan Thomas & Friends. Sekarang, dunia Duta adalah basket, catur, dan Minecraft.

Basket & Catur

Hal yang sangat menonjol dari perkembangan Duta selama 2017 adalah minatnya yang sangat fokus pada basket. Dia senang menonton video NBA, hafal pemain-pemain dan klubnya, selalu bersemangat menceritakan tentang pertandingan NBA kapan pun.

Duta juga rajin berlatih basket bersama klub Rockstar Gym. Dua hari seminggu berlatih. Latihan hari Sabtu dilakukannya 3 sesi. Dua kali klubnya menang kompetisi basket, di Bandung & Cirebon.

Perkembangan skills basket Duta semakin bagus. Kami sempat memberikan private coaching basket untuk Duta bersama coach Giyat selama 3 bulan untuk memperkuat pondasi dribbling dan ball handling Duta. Ditambah dengan bermain lempar basket di ring yang ada di rumah, perkembangan Duta semakin bagus. Duta masuk ke dalam Elite Team di klub basket Rockstar Gym.

Satu hal yang membuat kami masih agak “khawatir” adalah bagaimana pengaruh fisik Duta yang kecil terhadap kemampuannya bermain basket. Kekhawatiran itu sebenarnya karena kami ingin mengelola ekspektasi Duta yang sangat tinggi. Kami takut Duta kecewa kalau tidak berhasil masuk tim yang lebih tinggi. Apapun hasilnya nanti, kami terus support Duta sepenuhnya.

Selain basket, kegiatan lain yang ditekuni Duta adalah catur. Tahun 2017 ini Duta mulai belajar catur lebih serius.

Setelah belajar catur secara online, Duta mulai ikut kelas catur di Sekolah Catur Hendry Jamal. Tapi prosesnya hanya berjalan beberapa kali karena kami susah mengatur jadwal belajar di hari Minggu siang.

Tahun 2017 ini juga menjadi awal kesertaan Duta dalam kompetisi catur. Diawali dengan kesertaan dalam JAPFA Chess Competition yang menggentarkan (karena baru pertama kali ikut dan Duta masih sangat baru dalam permainan catur), Duta mengikuti beberapa kompetisi catur antara lain Kejurda Catur KU-9 DKI Jakarta.

Walaupun belum piala juara yang diraih Duta dalam permainan catur ini, tapi keterampilannya bertumbuh semakin baik. Di akhir tahun, kami coba Duta untuk belajar bersama pak Syaiful Hidayat sambil terus belajar & bertanding secara online.

Literasi dan Numerasi

Di area akademis, Duta tahun 2017 ini berhasil menyelesaikan materi IXL Math kelas 3. Prosesnya belajarnya sangat konsisten karena Duta tipe anak yang teratur. Saat ini dia melanjutkan matematika IXL Math kelas 4.

Pekerjaan Rumah dari tahun ke tahun kami untuk Duta adalah di bidang literasi, keterampilan membaca dan berbicara verbal. Duta relatif lebih lambat di area ini dan kami terus berusaha memberikan stimulasi, walaupun terkadang kami belum konsisten melakukannya.

Pengembangan Diri

Kemajuan personal yang besar bagi Duta dalam tahun 2017 ini adalah kepercayaan diri dan kemandiriannya. Setelah terbiasa pergi berlatih ke Rockstar Gym hanya bersama Tata, Duta bisa pergi bertanding basket ke Bandung tanpa kami (masih ditemani Yudhis & Tata).

Desember 2017, Duta pergi mengikuti turnamen basket selama 6 hari ke Cirebon tanpa kami dan kakak-kakaknya. Alhamdulillah, puji syukur, semua berjalan lancar. Bahkan tim Duta menjadi juara satu KU-10 turnamen tersebut.

Ini adalah lompatan perkembangan yang sangat besar dan sangat kami syukuri. Dua pengalaman ini membuat Duta semakin percaya diri menjalani hari-harinya.

Selain itu, Duta sudah semakin terbiasa membuat sarapan pagi untuk seluruh anggota keluarga. Hampir setiap hari secara konsisten Duta menggoreng atau merebus telor untuk sarapan. Juga, dia semakin bertanggung jawab mengisi air minum di botol dan memasukkannya ke kulkas.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Homeschooling Duta sepanjang 2017”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.