musik

Lagu – Mana Tanganmu

Masih dalam rangka mengajarkan anak melalui lagu. Seperti yang pernah aku tulis beberapa waktu yang lalu, aku percaya bahwa musik memiliki kekuatan yang luar biasa untuk pendidikan anak. Sambil bernyanyi kita bisa mengajarkan banyak hal dalam suasana yang menyenangkan.

Aku, Yudhis dan Tata sering nyanyi berjawab-jawaban di rumah (kadang dengan nada & kata-kata yang kacau) tapi sangat menyenangkan. Kami bisa tertawa terbahak-bahak dan pada saat bersamaan aku bisa menyelipkan “pelajaran” atau bahkan “teguran”.

Melantunkan percakapan tidak hanya menyenangkan & melatih kemampuan musikalitas mereka, tapi yang jelas mempercepat proses berpikir mereka. Karena mereka harus langsung menjawab dengan bernyanyi pula, jadi seperti berbalas pantun yang langsung dan instan tapi bernada. Mau tidak mau mereka belajar mencari kata-kata berirama (rhyme) dan memasukkan dalam jawaban.

Bagaimana cara melatih anak untuk bernyanyi berjawab-jawaban seperti ini?

Mulai dari lagu yang sederhana yang kita buat sendiri untuk mereka. Lagu yang sudah dipersiapkan pertanyaan dan jawabannya, sederhana notnya dan cukup bisa diolah teksnya untuk diganti dengan paduan kata-kata yang lain. Seperti yang aku upload MP3nya berikut ini.

 

Download di SINI

Mana Tanganmu

Mana matamu
Ini mataku

Mana hidungmu
Ini hidungku

Mana pipimu
Ini pipiku

Mana bibirmu
Ini bibirku

Mana perutmu
Ini perutku

Mana kakimu
Ini kakimu

Mana tanganmu
Ini tanganku

(plok plok plok)

*teksnya bisa diganti diolah, dengan irama yang semakin cepat, sambil melihat konsentrasi anak apakah masih bisa mengikuti dengan baik bila kita merubah perintah misalnya mana dagumu, mana dahimu, mana kupingmu dll.

 


Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.