CS5-Box

Yudhis Lulus Ujian Photoshop

Banyak jalan untuk menuju profesional selain melalui jenjang sekolah: SD hingga perguruan tinggi. Salah satunya adalah melalui jalur sertifikasi profesional.

Semalam, kami mengalami salah satu proses menuju jalur sertifikasi profesional di bidang desain untuk Yudhis (11 tahun).

***

Ceritanya, Jumat (12/10), Yudhis mencoba tes online tentang Photoshop CS 5 Extended menggunakan akunku di oDesk. Dan ternyata Yudhis lulus!

Nilai ujian Photoshop Yudhis adalah 3.25 out of 5. Yudhis berada di percentile 71% (better than 71% of test takers).

Bagi yang belum tahu, oDesk adalah global market place untuk mencari pekerjaan freelance atau bagi kita untuk mencari freelancer dari berbagai penjuru dunia. Nah, agar bisa menawar sebuah pekerjaan tertentu, kita harus menuliskan kualifikasi profesional kita. Kualifikasi profesional itu harus dibuktikan dengan kemampuan kita untuk lulus tes di oDesk. Jadi, kualifikasi itu bukan hanya sekedar klaim kita saja.

Dengan lulus ujian Photoshop CS 5 Extended, itu berarti Yudhis bisa ikut menawar pekerjaan di oDesk yang mensyaratkan kemampuan Photoshop. Dengan kualifikasi ini, standar pendapatan per-jam (hourly rate) di oDesk adalah $9/jam, maksimum $40/jam.

Ujian ini memang bukan standar industri yang dikeluarkan oleh Adobe. Tetapi, lulus ujian ini saja sudah merupakan capaian besar bagi Yudhis. Peristiwa ini membangun kepercayaan dirinya dan meningkatkan semangat belajarnya.

Melihat hasil nilai ujiannya (3.25 out of 5), Yudhis sendiri merasa tidak puas dan yakin bisa meningkatkannya. Dia berniat untuk belajar lagi pada area-area yang belum dikuasainya dan akan melakukan ujian lagi bulan depan.

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.