Paper Mitt Robot

Planet Robot Zorox

Seru juga nemenin Yudhis dan Abby bikin film dari boneka kertas. Proyek dadakan ini diilhami ketika anak-anak membuat paper mitt puppet berbentuk robot pagi ini. Begitu Abby mulai membuat Paper Mitt kedua ide membuat film ini pun muncul.

Aku kemudian menantang keduanya untuk membuat script cerita yang tidak lebih dari 2 menit. Setelah sekian jam berdiskusi, mereka pun akhirnya menemukan sebuah tema untuk film mereka.

Yudhis yang pernah pergi ke Studio Boneka HHK berharap filmnya bisa ditusir dan diolah (diganti latar belakang & diisi suara tambahan) seperti di studio HHK. Tapi karena ini proyek pertama mereka, aku ingin yang sederhana saja. Yang penting jadi dulu, takutnya kalau impiannya terlalu tinggi nanti malah nggak selesai.

Kesulitan kedua setelah pemilihan cerita adalah ketika take atau pengambilan gambar. Pengambilan gambar dilakukan berkali-kali karena mereka melakukannya tanpa membaca alias semua percakapan mereka coba ingat-ingat saja.

Walaupun memakan waktu berjam-jam (sampai lupa masak siang), tapi prosesnya menyenangkan. Yudhis dan Abby sangat menikmati prosesnya dari mulai pembuatan robot kertas sampai ke mastering filmnya. Kebahagiaanku adalah ketika melihat mereka tertawa-tawa melihat hasil pengambilan gambar yang salah berulang kali dan film hasil akhirnya.

Film berdurasi 1.38 menit ini sederhana, bercerita tentang 2 robot Bumi yang sedang bercengkarama, lalu dikejutkan dengan datangnya 2 robot alien dari planet Zorox. Rupanya 2 alien itu ingin menjadikan Bumi sebagai tempat tinggal mereka, planet mereka sudah tidak bisa ditinggali lagi karena terlalu zorox alias jorok oleh sampah. Robot Bumi pun menyatakan bahwa di Bumi manusia juga banyak yang suka buang sampah sembarangan, tapi robot planet Zorox menyatakan masih ada waktu untuk membersihkan planet Bumi dan menyelamatkannya dari kerusakan seperti yang terjadi pada planet Zorox.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Planet Robot Zorox”

  1. hihihi…suka deh sama video ini.kerennn…
    terus berkarya ya Yudhis dan Lala, biar selalu menjadi inspirasi keluarga Indonesia ūüôā

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.