Menu Makanan

Menu Restoran Tanpa Lima Ratusan

Menu MakananPada saat menyiapkan materi untuk belajar matematika uang yang lalu, Yudhis yang membuat menu makanan restoran itu. Yudhis pula yang menentukan berapa harga setiap makanan di dalam menu tersebut.

Setelah kami praktekkan bersama Yudhis, Tata dan teman-temannya, ternyata diperlukan revisi untuk menu restoran yang berisi harga makanan. Anak-anak yang besar sudah bisa menggunakan menu restoran tersebut. Tapi, anak-anak yang kecil masih kesulitan dengan transaksi yang ada satuan Rp 500, misalnya Rp 1500, Rp 2500 dan seterusnya.

Jadilah, menu makanan itu direvisi dengan angka ribuan bulat, tanpa lima ratusan. Demikian juga kartu barangnya direvisi. Harga makanannya menjadi Rp 1000, Rp 3000, Rp 5000 dan seterusnya.

Dengan cara ini, anak-anak yang kecil menjadi lebih mudah memahami konsep uang ribuan, dengan meminjam konsep satuan. Seribu dianalogikan dengan satu, lima ribu dianalogikan dengan lima, dan seterusnya. Proses belajar matematika uang dengan melakukan permainan restoran dan transaksi menjadi lebih mudah dimengerti dan dilakukan. Berikut juga ada kartu soal untuk membantu proses belajar anak.

Download Menu Restoran & Kartu Makanan pada gambar di bawah ini:

Download Menu Restoran

Download Kartu Makanan

 

 

 

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.