Funny Learn

Counting 100

Mengajarkan anak berhitung sampai 100 dalam bahasa Inggris dapat diajarkan sambil bermain. “Ujian”nya pun dapat dilakukan sambil mengajaknya membantu masak di dapur.

Seperti pagi ini, aku menguji kemampuan Tata berhitung dalam bahasa Inggris 1-100 dan ternyata dia cukup lancar. Tata tidak merasa sedang “ujian”, karena aku tidak mengatakan “Tata, pagi ini kita ujian counting to 100” tapi aku hanya memintanya untuk membantuku menghitung berapa kali aku membanting adonan roti tapi dengan bahasa Inggris. Peraturannya, kalau salah sebut dia harus kembali puluhan yang terdekat. Misalnya, “thirty four, thirty five, thirty eight… eits salah”. Berarti dia harus mulai dari “thirty one” lagi.

Momen belajar seperti ini menyenangkan karena target tercapat, anak tidak terbebani apa-apa. Mereka melakukannya dengan gembira. Tata pun terkejut ketika tahu bahwa sekarang dia sudah bisa berhitung sampai 100 dalam bahasa Inggris dengan lancar.

Mengajarkan anak usia dini belajar itu jauh lebih efektif bila melalui permainan, cerita, dan aneka percobaan (hands on activity). Kreatiflah, dan manfaatkan apa saja yang ada di rumah sebagai alat belajar. Di Internet pun banyak permainan online yang dapat membantu anak belajar berhitung dengan bahagia. Antara lain:




:mrgreen:

Berikut situs-situs lain yang menyediakan fasilitas belajar menghitung secara online. Selamat bermain ūüėČ

IXL Math
Toon University
Aaa Study
Quia
ABC Ya!
Free Math Test
Funny Learn

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Counting 100”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.