Yudhis-IXL-K7-100

Yudhis: Menutup Tahun 2013 dengan Naik K-8

Setelah menyelesaikan 90% kegiatan belajar matematika di IXL Math kelas 7 sebulan yang lalu, Yudhis menargetkan untuk menyelesaikannya akhir tahun ini.

Akhirnya, kemarin (25/12) seharian Yudhis menyelesaikan 3 set soal terakhir IXL Math kelas 7. Dan itu berarti, Yudhis sekarang naik kelas 8 (at least matematikanya)! Yay!

IXL Math - K7

***

Bagaimana Yudhis belajar matematika di IXL?

Setiap hari Yudhis membuat target menyelesaikan dua set (skills) latihan soal matematika. Hal itu terjadi setiap hari Senin-Jumat.

Tentu saja ada hari-hari yang kosong, misalnya saat ada kegiatan Klub Oase, pergi, libur, dan lain-lain. Tapi di luar itu, Yudhis berusaha menyelesaikan dua set soal matematika di IXL setiap hari.

Jadi, IXL Math menjadi semacam checklist harian bagi Yudhis. Kalau dia sudah menyelesaikan, berarti “checked”. Tentu saja di luar matematika ada jadwal kegiatan belajar yang lain misalnya: bahasa Inggris, Blender, blogging, berenang, dan lain-lain.

***

Bagaimana kalau ada kesulitan?

Karena IXL merupakan latihan soal matematika, setiap kali melakukan kesalahan pasti ada petunjuk bagaimana cara menyelesaikan yang benar. Itu adalah alat utama yang memandu proses Yudhis belajar.

Proses belajar Yudhis hampir seluruhnya mandiri. Aku sama sekali tak ikut campur dalam proses belajarnya. Sesekali aku menungguinya, memberi feedback, atau memperjelas konsep yang dipelajarinya.

Sebagaimana Tata dan Duta, Yudhis menikmati proses belajar IXL Math ini seperti bermain game. Mereka mengumpulkan award satu demi satu hingga akhirnya penuh dan menyelesaikan semua tantangan.

Yudhis-IXL-K7-100

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.