Hari #12 Tantangan Klub Oase

Hari #12 Tantangan Klub Oase

Hari #12 Tantangan Klub Oase

Anak-anak yang memiliki daya khayal tinggi sering kali tidak membutuhkan mainan mahal untuk bersenang-senang. Seperti yang sering dilakukan Yudhis & Abby, mereka suka “menciptkan” sendiri permainan mereka.

Materinya bisa apa saja yang ada di sekitar. Dan kalau sudah bermain, sepertinya seruuu banget. Hari ini mereka menciptakan permainan “Coin War”. Materi yang dipakai sendal jepit sebagai benteng dan uang koin sebagai “tentara”.

Aturan mainnya menurut cerita Yudhis:
3 PRAJURIT-2 koin 100 (nyawa 10) & 500 (nyawa 20) 1 Benteng (5 nyawa)

Setiap pemain mendapat giliran melangkah 4 koin. Kalau sampai ketemu koin prajurit musuh, maka kedua koin akan bertanding. Ditaruh dalam sebuah “arena” lalu mereka suit untuk menentukan siapa menyentil koin terlebih dahulu. Koin yang terkena sentil lebih dulu akan berkurang 1 nyawa. Terus begitu sampai bisa sampai ke benteng. Jadi mereka harus mengatur prajuritnya sedemikian rupa agar tidak mengenai bentang.

Bingung bagaimana mainnya? dimodifikasi saja sesuka hati, yang penting harus dimainkan dengan sepenuh jiwa & daya khayal tinggi pasti menarik. Soalnya Yudhis & Abby kuat memainkan ini hampir 2 jam. Cobaa lama bener kan.

Coin War - Permainan ciptaan Yudhis & Abby

Sementara Tata itu inisiatifnya bagus sekali. Seperti pagi ini tiba-tiba dia duduk dengan peta di tangannya dan berkata, “Aku bisa lihat rumah kita. Nah, ini kan jalan menuju komplek dan ini jalan rumah kita. Jadi kita di sini”. Kalau sudah begitu, yang kami lakukan tinggal menambahkan, “ayo coba cari rumah eyang putri” lalu percakapan & pelajaran mengalir dengan mudah setelahnya.

Tata dan inisiatifnya yang luar biasa

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.