18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa

18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa

Ada 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dibuat oleh Diknas.  Mulai tahun ajaran 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan pendidikan berkarakter tersebut dalam proses pendidikannya.

18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa

18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter menurut Diknas adalah:

1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

3. Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

5. Kerja Keras
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

8. Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

10. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

12. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

13. Bersahabat/Komunikatif
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

14. Cinta Damai
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

15. Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber: Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010

***

Apakah inisiatif pendidikan karakter di sekolah ini akan berhasil atau hanya sekedar menjadi dokumen formalitas belaka, mari kita lihat. Salah satu indikator sederhana yang bisa kita lihat bersama adalah apakah kecurangan UN akan hilang atau tetap saja tak berubah seperti biasanya.

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

70 thoughts on “18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa”

  1. semua diatas hanya omong kosong smua.
    selama manusia2 yg memimpin bangsa ini msh bermoral bejat spt skg, semua 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter menurut Diknas diatas tidak akan pernah tercapai.

    1. upaya yang baik, mari kita dukung. kita harus tetap optimis bahwa harapan itu masih dan selalu ada.. paling tidak kita sudah memulainya dengan diri kita sendiri, bukan hanya mengeluh dan mengkritik, namun kita sendiri belum berbenah..

    2. Agung Panca Sukma D

      bejat atau tidaknya seseorang itu tergantung bagaimana kita menyikapinya.
      selama kita masih berusaha untuk merubah itu semua pasti kita bisa
      YOU CAN BECAUSE YOU THINK YOU CAN

    3. banyak cara untuk mengidentifikasi bejat atau tidaknya seseorang. slah satunya lwat ucpannya. cermin besar mungkin masih kurang, sehingga butuh cermin yg bisa bicara, memakai corong TOA, dan ditempelkan ke telinga seseorang, agar dia bnar2 paham, tidak hanya bagaimana bentuk org lain, tapi bagaimana pula bentuk dirinya sendiri.

    4. Saya mengerti dengan tanggapan Nancy yang kecewa dengan ajaran pendd karakter oleh negara karena tdk sesuai kata dan perbuatan. Tetapi bagi saya yang lebih kacau adalah ‘sesat pikir’ atau kekacaua dlm cara berpikir pengfawa negara (Pusat Kurikulum) dlm merumuskan pendd, karakter bangsa. Dalam agama semua yang disebutkan itu ada semua malah lbh dari itu. Jadi agama adalah sumber pendd karakter dan bukan pendd karakter itu sendiri. Malah juga dalam adat daerah kita dan dalam pengalaman hidup tapa pengacu pada adat atau agama. Yang perlu ditekankan mestinya mengapa karakter semacam itu tdk sangat mahal dan jarang ditemukan dlam kehidupan sehari-hari dan dalam prilaku penggawa negara dan politisi. Bukankah itu yang lbh diperlukan kalau menyebut ide bangsa, dst.

  2. Semua bagus, baik dan tentunya berkarakter….tapi tolong harus dipahami benar nilai nilai ini…selama pelaku hanya memikirkan SISTEM DAN MANAJEMEN yang berlaku tanpa memikirkan NILAI-NILAI positif dalam berbagai kehidupan, hasilnya nol. hanya buang pikiran dan energi..tapi apapun bentuk lingkungan (kondisi) negara kita….kita generasi muda harus tetap semangat MENJALANKAN 18 NILAI…KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI….OPTIMIS…AGAR NEGARA TIDAK TAMBAH BOBROK.

  3. kalo tujuan pendidikan ya pasti ideal dong. walau skeptis, 18 karakter di atas tetap harus disosialisasikan dan bukankah kita mesti watawasawbil haq watawasawbi sobr

  4. Pingback: PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN DIKNAS | Training | Training Management | Pembicara | Training Leadership | Training Motivasi |

  5. Jgn pesimis dulu, mari kita usaha dan berbenah diri kalau memang kita tidak mau negara ini hancur oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti koruptor. dimana pun tujuan pendidikan itu tidak ada yg jelek bahkan pada awal terbentuknya pendidikan di Indonesia yg dipelopori Ki Hajardewantoro. namun output pendidikannya (orang2nya) yg harus dibekali oleh 18 karakter tersebut. dan jgn lupa pendidikan agama didalam atau diluar sekolah mesti baik. krn sy yakin kalau org sudah takut pd Tuhannya Insya Allah tidak akan ada orang yang mau berbuat dosa.

  6. jangan putus asa, yang sudah terlanjur semoga bisa memerbaiki. Sekarang kita mulai didik yang benar sejak mulai lahir dan berkesinambungan hingga selesai usia sekolah. Hrs ada kerja sama antara ortu, sekolah dan masyarakat, walau hasilnya baru terlihat 20 th yad drpd tdk sama sekali. Atau akankah kita tunggu hancurnya negeri ini?

  7. nilai-nilai karakter itu bisa tumbuh hanya pada anak-anak jika hal ini kita tanamkamkan pada mereka sedini mungkin. Olehnya tempat yang tepat dalam penanaman nilai-nilai karakter ini, di sekolah-sekolah dan yang melakukannya adalah guru-guru kita. Percayakanlah pada mereka untuk mendidik dan membimbing serta membina anak-anak kita sebab mereka sudah dilatih secara profesional dalam bidang ini…ok

  8. Pingback: 18 KARAKTER BANGSA « gurukoe88

  9. sebenarnya tidak ada yang salah dengan nilai di atas, hanya saja implementasinya di lapangan tak berjalan sesuai harapan. satu-satunya penanaman nilai karakter yang paling baik adalah dengan teladan, tidak perlu bicara yang jauh2 seperti pemerintah, koruptor dsb..kita lihat saja diri kita sendiri, keluarga, dan teman, apakah kita sudah memberi contoh yang baik? Jika memang sudah, maka dengan sendirinya anak dapat menilai perbuatan tersebut. Toh pada dasarnya anak-anak hanya mencontoh perilaku orang dewasa. Bahkan untuk seorang yang profesional pun belum tentu dapat memberi teladan yang baik, jadi sebenarnya nilai-nilai diatas dapat dimulai dan diterapkan oleh siapa saja dan dimana saja terlepas latar belakang seseorang. Jadi, mari kita bersama-sama memberi teladan yang baik untuk masa depan generasi penerus bangsa

  10. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa | sdi alghozali pwk

  11. Pingback: Welcome to Dany's Area » Blog Archive » Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter

  12. Pingback: 18 PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA | rusmantokkpi

  13. Teori tinggal teori. Realitas sangat jauh dari harapan. Butuh kerja keras dan niat baik dari semua pihak utamanya orang tua yang memegang tanggung jawab penuh terhadap tumbuh kembang anak. Orang tua sekarang dituntut harus cerdas dalam membentuk karakter anaknya. Mudah2an bisa jadi referensi nih.

  14. nice post, walau masih dalam tahap belajar dan masih menjadi harapan kita semua, 18 karakter bangsa minimalnya bisa kita tanamkan pada anak sejak dini, memulai dari diri kita sendiri adalah kunci keberhasilan menanamkan 18 karakter ini untuk Masyarakat Indonesia.

  15. Terkadang kita kurang mementungkan urusan yang ada dalam membetuk pribadi kita sendiri padahal ini adalah awal dimana kita menjadi seorang yg pantas apa tidak. Saya udah berusaha mencoba tpi selalu gagal bagaimana saya bisa menjadi menghadapinya dan apa langkah yang harus saya ambil mohon bimbingan ya terima kasih..

  16. alangkah lebih baiknya jika kita memulai menerapkan karakter tersebut dalam diri kita. jika semua orang memiliki kesadaran untuk membangun dirinya sendiri 18 karakter tersebut pasti akan dipegang dengan teguh dalam hati, sehingga pasti akan diterapkan dalam pembelajaran maupun kehidupan. sayangnya di INDONESIA orang hanya bisa saling menyalahkan sebelum menyalahkan dirinya sendiri…, tidak atasan tidak bawahan semua saling menyalahkan, sampai kapankah kita akan terus saling membodohi bangsa sendiri….???

  17. Pingback: 18 Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa | triogiofanny

  18. 18 karakter sdh ada dalam setiap orang indonesia. tugas pendidik di sekolah dan keluarga serta masyarakat semua yang harus menguatkan untuk munculnya semua karakter yg diharapkan, kalau semua KOMPAK. tdk akan lama negara kita jadi negara besar yg berkarakter BAIK.

  19. Pingback: Memahami Budaya Dan Karakter Bangsa | Afid Burhanuddin

  20. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa | SMP Budi Utomo Perak

  21. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa | rohmadwismg

  22. 18 karakter bangsa yang sdh diintegrasikan dalam sistem pendidikan nasional di atas sebenarnya sdh ada dalam diri setiap orang indonesia. Tugas kita sebagai pendidik di sekolah dan keluarga serta masyarakat semua yang harus menguatkan untuk munculnya semua karakter yg diharapkan, dan sudah harus memulai dari diri kita sendiri sebelum membentuk orang dan kalau semua komponen bangsa komitmen untuk memulai sesuatu yang baru dan bernilai dan kompak maka tdk akan lama negara kita menjadi negara besar yg bermartabat dan berkarakter BAIK.

  23. setuju, teladan sangat penting dan paling utama, biasanya yang mudah dilihat oleh peserta didik dalam hal karakter adalah orang yang ada didekat mereka apakah orang tua ataupun para pendidik. mereka inilah yang perlu dan sangat paham dan mau praktek dalam menjalani proses hidup sehari hari dalam bermasyarakat ini. semoga

  24. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa | SHARING ILMU

  25. Pendidikan karakter akan berhasil jika kita semua mendukung baik lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. jangan pesimis kita pasti bisa jika kita semua mau, hanya orang – orang bodoh yang kala sebelum berbuat.

  26. 18 nilai ini sudah sewajarnya diajarkan disekolah terutamanya sang guru harus memberi teladan yang baik seperti berbuat jujur. Seringkali pelajar jaman sekarang memilih jalan pintas untuk berprestasi sehingga tidak jarang melakukan kebohongan yang berkelanjutan. Ini tentu bukan generasi yang bagus mengharapkan mereka menjadi pilar kemajuan bangsa dan negara.

  27. Gagasan tersebut memng masuk akal semua dan benar semua. Sepertinya kalau hal itu berhasil dilakukan, maka anak’ bangsa ini akan menjadi generasi penerus bangsa yang hebat, jujur, nasionalismenya tinggi, bertaqwa kepada Tuhan, sehingga negara ini bisa menjadi negara yang sejahtera (makmur).

  28. Dari 18 diatas masih ada yg kurang bro… dan ini sangat urgent saat ini yaitu: “patuh dan hormat kepada orang tua dan guru”.
    Yg mana saat ini semakin merosot dari masa ke masa.

    1. Patuh terhadap nasehat orang tua dan guru harus dimasukkan dalam karakter tersebut. karena sekarang sdh banyak anak melawan kepada orang tua apabila kemauwannya tidak terpenuhi malah ada yang sampai membunuh orangtua sendiri, begitu juga terhadap guru. Banyak anak yang nelawan kepada guru, bahkan sering kita mendengar siswa membunuh guru. Mengapa hal ini terjadi, karena anak dilindungi dengan HAM yaitu KPAI sehingga apabila anak ada mendapat hukuman yang sifatnya mendidik lantas anak dan orangtua langsung melapor kepada aparat petugas.

  29. Poin 16
    ketika semakin banyak manusia yang kurang peduli dengan alam dan lingkungan “setidaknya untuk berusaha tidak merusak”, ini akan mengakibatkan bencana alam juga semakin bertambah akibat rusaknya alam. Semoga ada kesadaran setiap masing-masing pribadi

  30. Cukup banyak ya poinnya sampai 18…
    Semoga benar-benar teraplikasi…tapi semua nilai itu juga kembali ke rumah masing2, bukankah begitu?

  31. Pingback: Pendidikan » Post Topic » 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter menurut Diknas

  32. seorang guru..selain mengajar dia juga mendidik..nilai nilai dalam pendidikan karakter merupakan suatu bekal anak didik menuju sukses…jika anak didik sukses di masa depan..itu berarti sebuah keberhasilan guru dalam mendidiknya…dan pengetahuan ttg pendidikan itu adalah kekuatan utk sebuah keberhasilan.

  33. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa | APRIYANI SAHPUTRI

  34. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa | Dewan Pendidikan

  35. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa – Site Title

  36. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa – Judul Situs

  37. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa – Suci Karmila

  38. Mengaplikasikan pendidikan karakter sejak dini tentu saja sangat mempengaruhi perkembangan seorang anak, dan hal ini tentu saja sangat pentinga dalam membentuk perkembangan suatu bangsa kelak kedepannya

  39. Pingback: KURIKULUM PENDIDIKAN KITA DAN KETELADANAN – Agupena

  40. Pingback: 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa – abdi pranowo

  41. Marilah kita selalu introsfeksi diri… ajaklah keluarga kita… kita tunjukkan dengan keteladanan yang baik… semoga kita mampu dan dapat menjaga bentukan karakter bangsa yang Religius; Jujur; Toleransi; Kreatif;… dan;Bertanggung jawab.

  42. 18 karakter tsb jika tdk dioperasionalkan dlm institusi pendidikan dlm bentuk aturan sbg pedoman dan rambu2 di sekolah, tdk akan menghasilkan tindakan-sikap-prrilaku peserta didik. 18 karakter hrs jd bag yg menentukan bg nilai, bhkn kl mau hrz jd indikator lulus tidaknya. Dg demikian, 18 karakter yg diharapkan bisa terwujud jd tindakan-sikap-perilaku anak Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.