iTooch

Proses Mencari Materi Pendukung Homeschooling

Mencari materi untuk belajar anak-anak dalam homeschooling adalah proses yang dijalani oleh seluruh keluarga homeschooling. Kami pun mengalaminya, bahkan hingga kini.

Mencoba Time4Learning

time4learningBeberapa bulan yang lalu, kami mencoba Time4Learning untuk Tata dan Yudhis. Mengapa? Karena kami merasa mereka membutuhkan pondasi yang lebih kuat dan alat belajar yang lebih terstruktur.

Dari sudut pandang orangtua, kami merasakan kebutuhan bagi mereka untuk mengekspos materi-materi sains yang relatif kurang banyak kami berikan. Untuk matematika, kami merasa mereka butuh “guru” jika mengalami kesulitan, tak sekedar berlatih soal-soal matematika seperti di IXL Math. Dari diskusi dengan Yudhis, kami juga merasakan kebutuhan materi bahasa Inggris yang “lebih pelajaran”, seperti grammar dan sejenisnya.

Itulah alasan utama kami sehingga akhirnya mencoba Time4Learning. Secara teoritis Time4Learning ideal bagi kami karena menyediakan semua yang kami butuhkan, walaupun biayanya tidak murah (sekitar $20/bulan). Time4Learning menyediakan beberapa pelajaran sekaligus, yaitu Language Art (LA), Math, Science, dan Social Studies. Selain materi belajar, mereka juga menyediakan sarana untuk mencatat proses perkembangan belajar anak.

Tapi setelah dicoba sebulan, ternyata Yudhis dan Tata merasa kurang cocok. Materi sains-nya berupa printable, sementara mereka berharap multimedia atau setidaknya audio-visual (video). Bahasa Inggris-nya lumayan, tapi anak-anak juga tak terlalu cocok.

IXL Math dan Khan Academy

ixl-mathKami kemudian balik lagi ke IXL Math untuk latihan matematika. Bedanya, sekarang kami menambahkan materi matematika di Khan Academy.

Jadi, kalau membutuhkan latihan, anak-anak belajar di IXL Math. Untuk mematangkan konsep, anak-anak belajar di Khan Academy. Itulah yang sekarang kami lakukan untuk Yudhis (kelas 7) dan Tata (kelas 5).

Sekarang, Yudhis dan Tata belajar matematika setiap hari dengan menggunakan kedua tools tersebut. Mereka belajar mandiri, memilih apa yang ingin mereka pelajari dan kerjakan setiap hari. Hanya sesekali saja kami datang untuk melihat perkembangan proses belajar mereka. Kami juga datang membantu jika mereka membutuhkan bantuan kami.

Aplikasi iTooch untuk Belajar Bahasa Inggris

iTooch

Untuk pelajaran bahasa Inggris, kami kemudian melakukan pencarian alternatif tools untuk belajar grammar dan vocabulary yang sesuai dengan kebutuhan Yudhis dan Tata.

Pilihan kami kemudian adalah iTooch. Tata menggunakan iTooch 5th Grade Language Arts, sementara Yudhis menggunakan iTooch 7th Grade Language Arts.

So far Yudhis dan Tata menikmati proses belajar bahasa Inggris menggunakan iTooch.

Bagaimana dengan Belajar Sains?

Untuk sains, sampai saat ini kami belum menemukan satu tempat (web/aplikasi) yang memenuhi kebutuhan untuk Yudhis dan Tata. Kami masih terus mencari hingga saat ini.

Ada saran dan usulan mengenai materi sains untuk kelas 5 dan kelas 7?

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

12 thoughts on “Proses Mencari Materi Pendukung Homeschooling”

  1. Saya ingin bertanya, bagaimana cara mendapatkan materi homeschooling? Saya berencana mau memberikan anak sy homeschooling krn km tinggal di luar pulau yg pilihan sekolahnya ga banyak, hanya ada sd negeri aja.

  2. Pagi mb Lala dan mas Aar yang baik, perkenalkan saya Diah. Saya sangat tertarik dengan materi-materi yang ada di Webinar, karena insya Allah saya akan memakai metode HomeSchooling untuk anak saya, tapi saya lihat, waktu webinar ny sudah selesai. Apakah saya tetap dapat mengakses materi2nya walaupun sdh berlalu, kalau iya caranya bagaimana? Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.