Tata-birthday-9

Ulang Tahun Tata yang Penuh Berkah

Sabtu (14/9) kemarin adalah hari ulang tahun Tata ke-9. Sebenarnya, tak ada acara khusus yang kami persiapkan untuknya. Tapi tadi malam Tata menyebutnya “It’s the best birthday ever in my life!”

Kami hanya mempersiapkan kegiatan Tata pergi belanja craft bersama Lala ke Pasar Jatinegara dan sarapan pagi bersama di hari Sabtu dan merencanakan pergi bersama ke acara HAAJ di hari Sabtu. Ternyata banyak berkah dan karunia yang diterima Tata di seputar hari ulang tahunnya.

Sehari menjelang ulangtahun, Tata mendapatkan hadiah modul lengkap untuk belajar bertanam organik dari Eyang Putri. Hadiah ini melengkapi kebahagiaan Tata yang baru memiliki tas khusus berisi materi-materi dan alat craft pilihannya.

Pada hari-H, Sabtu, agenda utamanya adalah sarapan pagi bubur ayam, disertai doa bersama untuk Tata. Kejutan berkah hari ini adalah kedatangan Aruna, sahabat Tata dari Yogya. Aruna datang bersama keluarga dan ikut menikmati sarapan pagi bersama di rumah.

Tata-Aruna

Selain berbahagia dengan hadiah Aruna, Tata senang sekali karena bisa bermain dengan Aruna seharian. Mereka bermain bersama sementara kami mengobrol bersama mbak Ira dan mas Yanuar. Tata dan Aruna sibuk membuat paper mache dan sesekali berlarian ke tanah sebelah untuk bermain ayunan bersama Nara dan Duta.

Sore hari, kami pergi bersama ke Taman Ismail Marzuki (TIM) untuk mengikuti kegiatan HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta). Tata dan Aruna duduk di bagian belakang mobil yang dialasi kasur lipat sambil bermain halma.

Anak-anak sangat menikmati kegiatan ini. Tata bisa bertemu teman-teman homeschoolingnya yang lain seperti Husayn dan Atala. Tempat kegiatan HAAJ ini enak, kakak-kakak di HAAJ juga ramah dengan anak-anak, walaupun kegiatan HAAJ sebenarnya untuk umum tak ditujukan khusus untuk anak-anak.

Kejutan membahagiakan lain terjadi saat makan malam bersama. Di tempat makan malam, ada poster ulang tahun dengan gambar lilin yang setelah dihitung berjumlah 9! Jadi, Tata langsung bersorak dan merasa bahwa poster itu adalah untuk ulang tahunnya, hehehe…

Kebahagiaan Tata semakin lengkap saat dia ditraktir cake ulang tahun dengan 9 lilin. Hua..! Tata terharu, demikian pun kami yang memang tak merencanakan kegiatan ini.

Tata-birthday-9

***

“It’s the best birthday ever in my life!” seru Tata dengan bahagia saat menjelang tidur malam.

Tata bahagia, kami pun berbahagia. Senang melihat Tata yang mudah bahagia oleh hal-hal kecil dan sederhana. Senang melihat Tata merasa tak bermasalah dengan ulang tahunnya yang kami rayakan dengan sederhana. Dan ternyata, dia mendapatkan berbagai berkah membahagiakan yang tak disangka-sangka.

Selamat ulang tahun yang ke-9 Tata. Semoga hidupmu penuh berkah karena karyamu menjadi berkah bagi orang lain dan karena dirimu menjadi saluran berkah

 

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.