PenutupanOASEksplorasi03-600px

Perjalanan Homeschooling Tata 2017

Tahun ini Tata menginjak usia 13 tahun dan mulai menjejaki dunia remaja. Proses belajar dan kegiatan-kegiatan Tata semakin mandiri dipandu dengan jadwal dan proyek yang dibuat berdasarkan kesepakatan mingguan atau bulanan bersama kami.

Menyelesaikan Ujian Paket A

Paruh pertama 2017 sebagian besar kegiatan Tata dikonsentrasikan untuk persiapan Ujian Paket A. Alhamdulillah, puji Tuhan, ujian berjalan lancar dan Tata lulus ujian Paket A dengan baik.

Usai penyelesaian Ujian Paket A, kegiatan akademis yang terus digeluti Tata adalah belajar matematika menggunakan IXL Math. Untuk pengembangan kemampuan bahasa Inggris, Tata mulai mengikuti kegiatan komunitas Gavel setiap dua minggu sekali yang memberikan ruang baginya belajar bahasa Inggris dan public speaking.

Untuk matematika, Tata sudah menyelesaikan lebih dari separo materi belajar kelas 7 di IXL Math.

Olahraga, Seni, dan Keterampilan

Olahraga yang ditekuni Tata adalah basket. Dia masih berlatih bersama tim Rockstar Gym KU-14. Karena sudah menginjak remaja, anggota tim basket putri semakin langka dan kompetitif. Bersama timnya, Tata mengikuti beberapa kali turnamen basket, baik di Jakarta maupun Bandung.

Selain basket, Tata juga masuk tim “modern dance” Rockstar Gym Kota Kasablanka. Mereka beberapa tampil di event-event di mal atau mengikuti kompetisi.

Selain menari, kegiatan seni Tata adalah menggambar. Tahun 2017 ini Tata berhenti dari kelas menggambar yang diikutinya dan kembali mencari pola belajar yang lebih sesuai untuk dirinya.

Menurut rencana, tahun 2018 akan menjadi waktu buat Tata untuk mengeksplorasi “doodle art” dan membuat portofolio karya doodle melalui media sosial, baik Youtube, Facebook, maupun Instagram.

Pengembangan diri melalui OASEksplorasi 2017

Kegiatan besar dalam proses pengembangan diri Tata sebagian besar dilakukannya bersama teman-teman homeschooling di Klub Oase. Mereka melakukan rangkaian kegiatan dalam rangka ekspedisi ke pulau yang diberi nama OASEksplorasi 2017.

Proses besar yang dialami Tata dalam OASEksplorasi 2017 diawali dengan menjadi panitia OASE Festival karena para mentor memberikan tantangan bagi Tata dan teman-temannya untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk ekspedisi.

Dalam kepanitian OASE Festival atau OFest, Tata mendapatkan tugas di bagian dekorasi dan pendaftaran. Proses berorganisasi dalam kepanitiaan ini menjadi pelajaran besar bagi Tata. Apalagi, proses ini disusul dengan tanggung jawab Tata menjadi bendahara untuk kegiatan OASEksplorasi 2017.

Di akhir proses OASEksplorasi 2017, Tata membuat output personalnya berupa “illustrated book” berjudul Sahroni dan melakukan presentasi pada saat penutupan kegiatan OASEksplorasi 2017 di Perpustakaan Nasional.

Selain mengikuti kegiatan OASEksplorasi, Tata juga mengikuti petualangan Bioblitz yang diselenggarakan National Geographic di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dalam urusan pengembangan pribadi, Tata juga semakin terampil memasak. Hampir setiap hari dia membantu tante Nur memasak untuk makan siang. Sesekali Tata bersama Yudhis menyiapkan makan malam untuk kami sekeluarga.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.