xl

Berkat Internet, XLangkah Lebih Maju Menggapai Dunia

Internet itu adalah berkah yang luar biasa buatku. Bagaimana tidak, aku mendapatkan banyak sekali hal bermanfaat melalui Internet. Tanpa harus keluar rumah, aku bisa menjelajahi dunia, berkarya, serta berbakti untuk orang banyak.

Internet dan Pendidikan
Karena 3 anakku semuanya homeschooling, Internet menjadi alat bantu luar biasa untuk proses homeschooling yang aku jalani bersama suamiku.

Berkat Internet, kami bisa mendapatkan berbagai materi untuk proses belajar anak-anakku dengan mudah. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Ada yang lokal, ada yang berstandar internasional. Semuanya mudah diakses berkat adanya Internet.

Internet menjadi alat bagiku untuk XLangkah lebih maju di bidang pendidikan.

Untuk proses belajar, anak-anakku bisa menggunakan berbagai materi dan metode. Semuanya dibuat bervariasi sehingga proses belajar bisa menjadi menyenangkan buat anak-anak.

Yudhis belajar & bermain game matematika di Hoodamath dan IXL Math; menggunakan aneka tutorial yang ada di internet untuk belajar Photoshop, MS Office, Power Point dan beragam ketrampilan lainnya di YouTube. Dengan internet, pilihan itu terasa tak terbatas.

Internet dan Karya
Karena Internet pula, aku bisa berkarya sekaligus menyalurkan hobiku dalam digital scrapbook (digiscrap). Bagi yang belum tahu, scrapbook adalah seni mengatur foto atau kumpulan foto menjadi indah; sementara digital scrapbook adalah proses mengolah foto itu secara digital.

Semua proses belajar yang aku lakukan untuk digiscrap berlangsung online. Aku ikut grup-grup digiscrap dan belajar melalui karya-karya para desainer digiscrap dari berbagai penjuru dunia. Dari pergaulan itu, sekarang aku bisa berkarya dan menjadi tim kreatif 5 Digiscrap Studio.

Internet memang luar biasa dan membuatku XLangkah lebih maju di dalam berkarya. Karya-karya digiscrap yang aku buat aku kumpulkan di sebuah blog khusus: http://laladigiscrap.blogspot.com/. Di sini, aku juga membuat layout-layout digiscrap yang bisa dipakai dan diunduh gratis.

Internet dan Bakti
Lompatan langkah terakhir yang aku buat berkat Internet adalah baktiku untuk anak-anak Indonesia melalui situs Pelangi Nada. Sebagai seorang Ibu yang senang menyanyi dan membuat lagu, aku sering membuat lagu anak-anak. Awalnya aku upload di blog ini, ternyata lagu-lagu anak yang aku buat disukai dan banyak didownload hingga membuat blog Rumah Inspirasi ini down.

Kami kemudian memutuskan membuat situs Pelangi Nada, yang khusus menyediakan lagu-lagu anak yang aku buat. Sampai saat ini sudah ada sekitar 40 lagu anak Indonesia yang bisa diunduh gratis. Aku masih terus akan menambahkan seiring proses kreatif yang aku jalani dalam pembuatan lagu-lagu anak ini.

Perjalanan masih panjang. Ini baru XLangkah kecil untuk lebih maju di dalam bakti dan kecintaanku kepada anak-anak Indonesia melalui lagu.

Semoga lagu-lagu anak yang aku hadirkan melalui Pelangi Nada dapat bermanfaat untuk anak-anak dan keluarga Indonesia di manapun berada. Amin.


ComScore

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Berkat Internet, XLangkah Lebih Maju Menggapai Dunia”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.