TataKreatif

Tata dan Kreativitas

Beginilah cara kreatif Tata “merapikan” mainan Duta yang berantakan.

Entah karena gender atau apa, Tata itu senang sekali ngulik. Tata suka dengan hal-hal berbau seni & ketrampilan. Tata suka menggambar, bikin-bikin, main piano dan dia termasuk anak yang tekun.

Yang paling aku suka dari Tata adalah inisiatifnya, kemampuannya mendesak dan mendapatkan keinginannya dengan cara yang manis. Alih-alih meminta sesuatu dengan merengek atau merajuk, Tata biasanya meminta dengan fakta atau dengan gaya bertanya.. hehe.

Misalnya seperti ini, dia ingin bikin sesuatu, maka dia akan menyampaikan kepadaku dengan cukup detil alasannya, bukan sekedar keinginannya. Dia akan mengutarakan manfaatnya, jadi seperti proposal verbal gitu. Dia juga mendesak dengan pertanyaan retorik: ini bagus kan, bu?!

Dan jika kita sudah mengiyakan, hmm.. maka dia akan terus mengejar sampai mendapatkannya. Tapi itu tadi, untungnya cara mengejarnya maniiis sekali. “Kelihatannya, ibu sudah tidak capek. Berarti setelah ini ibu bisa dong mengajari aku cara bikin yang tadi itu tuh”. Kalimat-kalimatnya itu membuatku bisa langsung melompat dari tempat tidur walaupun terkadang benar-benar sedang capeeeek banget.

Menangkap “aha” momen pada anak, menyambut semangat dan kreativitas yang muncul pada waktu yang tidak tepat menjadi bagian yang cukup sering terjadi dalam proses homeschooling anak-anak kami. Sering ketika kami sedang ada deadline pekerjaan, JUSTRU pada saat itulah anak-anak berkobar semangatnya. Tiba-tiba dapat ide ini itu dan ingin belajar ini itu yang semuanya bagus, sayangnya kami sedang kepepet waktu atau kehabisan tenaga.

Aku terus berharap semoga energi kami mampu untuk selalu memfasilitasi semangat belajar anak-anak, terutama Tata si kreatif yang enerjik. Kadang dalam keletihan dan tumpukan pekerjaan yang menjulang, sulit untuk mengimbangi semangat anak-anak yang masih berkobar. Aku tak ingin ada responku yang terlontar dalam kondisi letih berakibat menyurutkan apalagi mematikan kreativitasnya.

[quote align=”center” color=”#0e7021″]“Each moment of our life, we either invoke or destroy our dreams.” -Stuart Wilde[/quote]

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.