ixl-tata-2500-soal

Tata dan IXL Math

Dikerjakan sedikit demi sedikit, setiap hari, tanpa terasa Tata sudah mengerjakan 2500 soal di IXL Math. Ini adalah laporan kegiatan belajar Tata sampai minggu lalu. Selamat ya Tata…

Buat Tata, sebenarnya kami tak memberikan target apapun. Proses belajarnya pun sangat longgar, walaupun dia juga memiliki jadwal 3 kegiatan setiap hari seperti kakaknya. Kami tak pernah membuat evaluasi formal tentang proses belajarnya. Yang penting dia maju terus dengan stimulus dan kegiatan-kegiatannya.

Setiap pagi, Tata biasanya belajar IXL Math dan Raz Kids. Masing-masing tak sampai setengah jam. Seberapa banyak latihan matematika yang dikerjakan, kami tak memberinya target. Pokoknya sesuka Tata. Kalau sedang asyik, Tata bisa mengerjakan banyak soal. Kalau soalnya susah, dia mengerjakan sedikit saja. Sementara untuk Raz Kids, Tata biasanya merekam satu buku per hari.

Kegiatan-kegiatan kecil yang dilakukan dengan konsisten itu hasilnya sangat lumayan. Anaknya belajar tanpa tekanan. Dia merasa seperti sedang bermain saja. Tapi tanpa terasa, Tata sudah belajar 2500 soal matematika. Tanpa terasa, bahasa Inggris Tata sekarang sudah level J.

Menirukan kata-kata yang sering diucapkan Yudhis dari film yang ditontonnya: “practice makes perfect”.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

11 thoughts on “Tata dan IXL Math”

  1. Pak Aar,saya ingin bertanya,jika kita tidak ikut komunitas ( HS Tunggal) untuk mengikuti ujian paket (seperti yudhis ) apakh diperlukan persyaratan berupa raport atau hasil evaluasi yang lain? Dan syarat2 apa saja yang diperlukan untuk mengikuti ujian kesetaraan? Terima Kasih banyak..

  2. 🙂 Hi Tata and Yudhis, I’m Bilal from Rochester, New York (my ibu types this message for me). I’m an Indonesian too, but I live here in Rochester until my ayah finishes his PhD. I really like your website because I’m homeschooled too. I hope we can be friends. 😎

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.