eskrim01

Membuat es krim sederhana

Kegembiraan dan pembelajaran anak-anak bisa berbentuk sederhana. Salah satunya adalah kegiatan membuat es krim. Anak-anak bahagia. Dan mereka sekaligus belajar. Kegiatan sederhana ini bisa dilakukan anak 5-10 tahun. Untuk anak kecil butuh bantuan, untuk anak yang sudah besar hanya butuh ditemani.

Itulah yang kami lakukan bersama Tata dan Duta beberapa waktu yang lalu. Kami punya persediaan satu sachet bahan untuk membuat es krim secara instan. Lalu, kami pun membuat es krim bersama. Atau tepatnya, aku menemani Tata dan Duta membuat es krim. Proses utama dilakukan oleh Tata dan Duta membantu.

Kegiatan diawali dengan Tata yang menyiapkan alat dan materi untuk membuat es krim. Alat yang diperlukan adalah wadah untuk mengaduk, hand mixer, dan wadah kecil untuk menyimpan es krim. Bahan yang disediakan adalah satu sachet Ice Cream Mix (merek Haan) dan air dingin.

eskrim01

Duta membantu menuang serbuk bahan es krim ke wadah. Proses selanjutnya dilakukan Tata, mulai memasukkan air dingin dan kemudian mengaduknya dengan mixer selama lima menit hingga adonan bercampur. Setelah itu, dituang ke wadah kecil untuk disimpan di freezer selama 8 jam. Jadilah es krim hasil karya anak-anak. Mereka bahagia dengan karyanya dan semua ikut menikmatinya.

eskrim02

eskrim03

eskrim04

 

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.