Checklist Perkembangan Bayi dan Anak

Checklist Perkembangan Bayi dan Anak

Checklist Perkembangan Bayi dan AnakKami baru saja upload materi download gratis. Isinya checklist parameter perkembangan anak mulai bayi hingga anak umur 5 tahun. Dibuat dalam bentuk tabel, materi ini terbagi dalam beberapa kategori umur. File ini sempat kami upload di sumardiono.com beberapa tahun yang lalu, tapi kami baru saja sadar bahwa tampilan PDFnya tidak sempurna. Jadi kami olah dan upload kembali file itu di sini.

Materi ini kami olah kembali dari buku parenting yang bagus, “Slow and Steady Get Me Ready oleh June Oberlander” yang sudah tidak ada lagi di toko buku. Tabel ini praktis dan menarik. Walaupun setiap anak unik dan berbeda-beda, at least parameter ini dapat membantu orang tua untuk merencanakan stimulus yang sesuai.

* Parameter perkembangan bayi usia 0 – 6 bulan

* Parameter perkembangan bayi usia 6 – 12 bulan

* Parameter perkembangan anak usia 1-2 tahun

* Parameter perkembangan anak usia 2-3 tahun

* Parameter perkembangan anak usia 3-4 tahun

* Parameter perkembangan anak usia 4-5 tahun

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

6 thoughts on “Checklist Perkembangan Bayi dan Anak”

  1. Pak, anak saya sekarang 8 bulan. Saya kebingungan tentang pembelajaran apa yang ideal atau seharusnya diajarkan. Mohon pencerahan. Trimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.