Google Office

Proses penerimaan pegawai di Google

Google Office

Tahun 2011, Google membuka lowongan kerja untuk 6200 pegawai baru untuk 60 kantornya yang berada di 30 negara. Tertarik untuk bekerja di Google?

Siapa sih yang tidak tertarik? hehehe… Perusahaan ternama, gajinya top, fasilitasnya termasuk paling bagus di dunia. Ada makan gratis sepuasnya di kafetaria kantor, laundry pakaian, fasilitas kebugaran, kolam renang, area bermain, dan sebagainya. Bawa binatang peliharaan juga tidak dilarang.

Apakah orang Indonesia bisa bekerja di Google?

Tentu saja bisa, asal lolos seleksi pegawainya. Cherry, seorang sepupu Lala, adalah salah satu contoh orang Indonesia yang diterima bekerja di Google. Dia baru diterima bekerja di Google tahun 2011 dan saat ini ditempatkan di kantor Google di Dublin, Irlandia.

Inilah gambaran tentang perkembangan jumlah tenaga kerja di Google yang disandingkan dengan Microsoft.

Google Workforce

Bagaimana proses penerimaan pegawai di Google? Inilah penjelasannya dalam bentuk grafis.

 

Peluang Diterima Kerja di Google
Sebagaimana pekerjaan bagus selalu diperebutkan banyak orang, Google menerima lebih dari 1 juta resume dan lamaran pekerjaan setiap tahun. Dari seluruh pelamar itu, yang diterima sekitar 4000-6000 pegawai per tahun atau sekitar 0.01% – 0.04%.

Google Percentage

Proses Seleksi Calon Karyawan Google
Berikut ini proses seleksi yang dilakukan Google untuk merekrut karyawannya.

Google process

Pertanyaan Dalam Seleksi Pegawai Google
Menurut Jobvine, Google lebih berfokus mencari orang berbakat & brilian daripada menguasai sejumlah keterampilan tertentu. Oleh karena itu, sebagian tes wawancara yang dilakukan Google pun lebih berupa tes logika dan kemampuan penalaran. Tes ini kurang lebih serupa dengan tes yang biasanya dilakukan berbagai konsultan manajemen besar seperti Mc Kinsey, Boston Consulting Group, dll.

Beberapa pertanyaan logika itu misalnya:
* Berapa jumlah bola golf yang bisa dimuat dalam satu mobil?
* Berapa biaya yang harus Anda minta kalau Anda diminta membersihkan seluruh kaca di kota Jakarta?
* Mengapa lobang gorong-gorong itu berbentuk lingkaran?

Google question

Berapa Gaji di Google?
Dari obrolan dengan Cherry, dia tak mau mengungkapkan nominal gaji yang diterimanya sebagai karyawan Google. Berdasarkan analisisku terhadap obrolan itu, perkiraanku gaji awalnya di Google sekitar $60 ribu/tahun.

Itu baru gaji awal. Menurut data Jobvine, gaji untuk 10 kelompok di Google berkisar antara $143 ribu – $241 ribu per tahun.

Google Salary

***

Bagaimana, tertarik bekerja di Google?

 

Sumber: Jobvine

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Proses penerimaan pegawai di Google”

  1. wow…asyik kalau bisa kerja disana 🙂
    aku pernah denger kalau kerja di google tiap hari harus nyelesain rubik’s cube. Bener ga sih ? *penaran walau ga penting* 😉

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.