(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-22

Perkembangan Bayi Anda

Indra-indra bayi yang akan digunakan untuk mengenali dunia sedang berkembang setiap hari. Indra perasa sudah mulai terbentuk di lidah. Otak dan ujung saraf cukup terbentuk sehingga janin bisa merasakan sentuhan.

Bayi Anda mulai bereksperimen dengan indra perasa yang baru terbentuk tadi dengan membelai wajahnya atau mengisap jempol, serta merasa bagian tubuh lain dan melihat bagaimana anggota tubuhnya bergerak.

Sistem reproduksi bayi Anda juga terus berkembang. Pada anak laki-laki, testis mulai turun dari perut dan pada anak perempuan rahim dan ovarium berada di tempat dan vagina sedang berkembang.

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Jika Anda belum merasa kehadiran bayi Anda, Anda akan segera merasakan rahim Anda berlatih untuk mengirimkan pertanda berupa kontraksi menyakitkan yang disebut kontraksi Braxton Hicks. Anda mungkin merasakan sensasi meremas di perut Anda.

Jangan khawatir, meskipun Bayi Anda mungkin bisa merasakan kontraksi seperti meremas rahim, tetapi kontraksi Braxton Hicks tidak berbahaya atau merusak. Namun jika kontraksi menjadi lebih intens, menyakitkan, atau sering terjadi, hubungi dokter Anda segera karena kontraksi teratur yang menyakitkan mungkin merupakan tanda persalinan prematur.

 

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.