(c) The Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-2

Saat Anda masuk ke minggu ke-2 periode kehamilan, Anda sebenarnya belum hamil! Kedengarannya aneh bukan?

Meskipun Anda harus menunggu untuk mengetahui apa warna cat kamar bayi Anda, jenis kelamin bayi Anda akan ditentukan pada saat pembuahan. Dari 46 kromosom yang membentuk material genetik bayi, hanya dua yang menentukan jenis kelamin bayi: satu dari sperma dan satu dari telur. Ini dikenal sebagai kromosom seks.

Setiap telur memiliki kromosom seks X, sperma dapat memiliki baik kromosom X atau kromosom Y. Jika sperma yang membuahi sel telur Anda memiliki kromosom X, Anda akan memiliki seorang bayi perempuan, jika sperma memiliki kromosom Y, bayi Anda akan menjadi laki-laki.

(c) The Anatomical Travelogue
(c) The Anatomical Travelogue

Kondisi Tubuh Anda

Lapisan rahim Anda yang akan memberi makan bayi berkembang dan tubuh Anda mengeluarkan follicle-stimulating hormone (FSH), yang merangsang telur matang.

Pada akhir minggu ini, Anda akan berada pada titik tengah siklus menstruasi Anda (jika Anda memiliki siklus 28 hari) dan ovulasi akan terjadi (ovarium Anda akan melepaskan telur ke dalam tuba falopi).

Pada saat ini, Anda kemungkinan besar hamil ketika berhubungan seks yang waktunya sekitar waktu ovulasi. Setelah pasangan Anda ejakulasi, jutaan perjalanan sperma melalui vagina, dan ratusan sampai ke tuba fallopi, di mana telur Anda sedang menunggu. Satu sperma umumnya berhasil menembus telur, dan pembuahan berlangsung.

Ketika hal itu terjadi, Anda akan hamil. Tapi Anda belum akan merasa perubahan pada tubuh Anda.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.