Papercraft Windmill

Papercraft di Canon Creative Park

Papercraft Windmill

Dalam proses homeschooling, kami banyak menggunakan materi Internet. Sehari-hari, anak-anak belajar menggunakan materi online.

Untuk mengimbangi kegiatan mereka di depan komputer, kami berusaha melengkapinya dengan kegiatan offline. Hampir setiap hari kami berusaha keluar rumah bersama untuk berolahraga bersama. Kalau tidak pagi, sore hari kami berjalan bersama menuju jogging track yang ada di dekat rumah dan berolahraga di sana.

Kami juga berusaha menstimulus tangan mereka agar tak hanya mahir menekan tuts keyboar dan memainkan mouse, tetapi juga terampil melakukan kegiatan lain. Salah satunya adalah menggunakan sarana papercraft.

Papercraft Falcon

Anak-anak memilih model yang mereka sukai, mem-print di kertas tik yang memang kami sediakan di rumah, dan kemudian memotong serta membentuknya menjadi benda yang mereka inginkan.

Sumber untuk membuat papercraft yang kami sukai adalah Canon Creative Park. Di sini tersedia banyak sekali model papercraft bersama petunjuk cara merakitnya.

Seperti beberapa hari lalu. Tata memilih papercraft model “Windmill“, sementara Yudhis memilih papercraft model “Falcon”. Tata menyelesaikan papercraft-nya dalam satu hari. Karena modelnya agak rumit, Yudhis perlu beberapa hari untuk menyelesaikan papercraft “Falcon”.

***

Mencari keseimbangan dan eksposur terhadap beragam stimulus adalah bagian yang melekat dari tugas orangtua homeschooling. Kita selalu berusaha mencari pengembangan untuk proses belajar anak-anak agar bisa berlangsung secara optimal.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Papercraft di Canon Creative Park”

  1. Mas Aar, mau tanya.. kok sy g bs download materi2 di canon creative park ya? kalau dilihat di FAQ nya..tampaknya tidak ada spesifikasi khusus u/ mendownload materinya. apa harus tersambung dengan printer yg ready to print?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.