kopdar2014

Kopdar Rumah Inspirasi 2014

Tak kenal, maka tak sayang. Bertemu membuat hati semakin menyatu.

Setelah mencari waktu tepat yang tak kunjung tiba, akhirnya kopdar Rumah Inspirasi 2014 terselenggara juga pada Sabtu, 14 Juni 2014. Kopdar ini merupakan ajang tatap muka dan silaturahmi para peserta Webinar Homeschooling Anak Usia Dini dan Webinar Homeschooling Anak Usia Sekolah yang telah selesai.

Acara Kopdar Rumah Inspirasi bertempat di rumah kami, di Kompleks PWI, Jakarta Timur.

Walaupun rasanya sudah akrab selama berinteraksi selama 2 bulan dalam proses webinar, bertemu muka memang menambahkan rasa yang berbeda. Dan itulah memang yang menjadi semangat dalam penyelenggaraan kopdar ini.

Acara kopdar itu sendiri tidak memiliki agenda acara formal. Acara kopdar berisi bincang-bincang dan sharing mengenai homeschooling. Sambil berbincang, semua yang hadir menikmati hidangan potluck yang dibawa dari rumah masing-masing.

Sebenarnya, materi teoritis homeschooling sudah dijelaskan semua dalam webinar. Teorinya tidak banyak dan rasanya tidak sulit untuk dimengerti. Yang menjadi tantangan adalah praktek “good parenting” dalam keseharian.

Beruntung, dalam kopdar ini hadir Wiwiet Mardiati, seorang praktisi homeschooling yang memiliki latar belakang ibu bekerja (dosen UI). Wiwiet hadir dan berbagi cerita tentang proses homeschooling yang dijalaninya dan aneka sudut pandangnya tentangnya pendidikan. (Terima kasih ya Wiet sudah menyempatkan hadir untuk berbagi..)

kopdar2014
Bahagia rasanya bisa bertemu para orangtua yang berdedikasi dan satu visi untuk memperkuat peran orangtua dalam pendidikan anak-anak. Saking asyiknya ngobrol, kemarin terlewat untuk foto bersama… 🙂

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Kopdar Rumah Inspirasi 2014”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.