mengenal-tornado

Mengenal Tornado

Mana aku sangka kalau hari ini menjadi salah satu hari besar untuk Duta. Duta memang mengawali hari dengan keluhan sakit saat buang air kecil, tapi secara keseluruhan Duta terlihat baik-baik saja. Pagi hari masih berlatih menulis dengan bapak Aar dan bahkan belajar tentang Tornado bersamaku.

mengenal-tornado

Belajar tentang Tornado

Berawal dari perbincangan bersama Duta tentang angin puting beliung yang menumbangkan pohon rambutan di depan rumah, kami belajar tentang angin dan tornado. Mengapa terjadi tornado? Dan seberapa bahaya tornado?

Kami menonton beberapa video tentang apa itu Tornado dan kemudian mengobrol tentang bencana alam. Dari proses ini, Duta kemudian menonton video tentang apa itu Tsunami, Gempa bumi, dan bagaimana hebatnya orang-orang di Jepang membuat bangunan yang lebih tahan gempa.

Berikut ini beberapa video tentang tornado yang kami tonton bersama:

Setelah menonton video, kami melakukan percobaan untuk memberikan tambahan gambaran bagi Duta & Tata (yang kemudian ikutan belajar bersama) tentang bagaimana bentuk “Tornado”, awan badai dan corong awan dengan menggunakan botol bekas air mineral, air & sabun pencuci piring.

Mana aku sangka kalau hari ini menjadi salah satu hari besar untuk Duta. Duta memang mengawali hari dengan keluhan sakit saat buang air kecil, tapi secara keseluruhan Duta terlihat baik-baik saja. Pagi hari masih berlatih menulis dengan bapak Aar dan bahkan belajar tentang Tornado bersamaku. Kami nonton beberapa video tentang apa itu Tornado (daftar video yang kami tonton nanti aku tulis di blog ya), dan kemudian dilanjutkan dengan ngobrol seputar bencana alam. Duta kemudian lanjut nonton tentang apa itu Tsunami, Gempa bumi, dan bagaimana hebatnya orang-orang di Jepang membuat bangunan yang lebih tahan gempa. Setelah itu kami melakukan percobaan untuk memberikan tambahan gambaran bagi Duta & Tata (yang kemudian ikutan belajar bersama) tentang bagaimana bentuk “Tornado”, awan badai dan corong awan dengan menggunakan botol bekas air mineral, air & sabun pencuci piring. #homeschooling #hs8yo #tornado #stem #duta #30menit #dokumentasikeseharian

A video posted by Mira Julia (@lalamirajulia) on

Percobaan Tornado di dalam Botol

Alat:

  • Botol tinggi bertutup (aku pakai bekas air mineral ukuran 1 liter)
  • Air (kurang lebih 3/4 botol)
  • 1/2 sdt sabun pencuci piring

Cara:

  • Campurkan air dan sabun pencuci piring di dalam botol tinggi. Tutup yang rapat. Balik, lalu putar-putar hingga membentuk pusaran seperti Tornado di dalam botol.

Beberapa tautan sumber belajar tentang Tornado

Share this post

2 thoughts on “Mengenal Tornado”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.