(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-27

Perkembangan Bayi Anda

Pada minggu pertama trimester ketiga, bayi Anda terlihat mirip dengan saat dia lahir, hanya saja saat ini dia terlihat lebih kecil. Paru-paru, hati, dan sistem kekebalan tubuh masih berkembang menuju kematangan. Tetapi jika lahir sekarang, bayi Anda sudah memiliki peluang yang sangat bagus untuk bertahan hidup.

Sebagaimana pendengarannya terus berkembang, bayi Anda mungkin mulai mengenali suara Anda serta pasangan Anda. Walaupun begitu, suara dapat teredam karena telinga bayi masih tertutup vernix, lapisan lilin tebal yang melindungi kulit dari menjadi pecah-pecah oleh cairan ketuban.

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Tubuh Anda secara naluriah memelihara dan melindungi bayi selama kehamilan, tapi merawat bayi yang baru lahir adalah keterampilan yang perlu dipelajari.

Pertimbangkan untuk mendaftar pada seminar/kelas seputar melahirkan di rumah sakit atau sekitar Anda. Anda perlu belajar tentang berbagai topik, misalnya tentang proses kelahiran, pilihan yang ada untuk menghilangkan rasa sakit, apa yang akan terjadi setelah melahirkan, masalah umum yang biasa terjadi pada bayi yang baru lahir, menyusui dengan ASI, dan pertolongan pertama pada bayi.

Proses belajar ini tentang kelahiran dan bayi akan membantu Anda merasa lebih percaya diri, terutama jika Anda adalah orangtua yang baru pertama kali memiliki bayi.

 

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.