(c) Kompas

Mengenal Budaya Nias bersama Dr. Rebecca Laiya

Beberapa hari yang lalu, dalam acara di Klub Oase diselenggarakan presentasi budaya Nias. Acara diselenggarakan pada hari Rabu, usai anak-anak berlatih panahan.

Presentasi budaya Nias ini dilakukan oleh Dr. Rebecca Laiya, salah satu orangtua di Klub Oase yang berasal dari Nias. Beliau selama ini tinggal di Jakarta untuk menyelesaikan program doktornya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sebelum kembali ke Nias, Dr Rebecca Laiya berbagi cerita dengan anak-anak dan orangtua di Klub Oase mengenai budaya Nias.

***

Rebecca-laiya

Pulau Nias adalah pulau kecil yang terletak di sebelah barat pulai Sumatera. Walaupun relatif kecil, pulau Nias memiliki banyak kekayaan yang mungkin lebih dikenal oleh wisatawan manca negara daripada penduduk Indonesia. Dalam presentasinya, Rebecca menceritakan bahwa ombak dan lautnya (di Nias Selatan) dikenal sebagai tempat surfing terbaik ke-3 dunia yang banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati laut di sana.

Budaya Nias termasuk salah satu budaya yang termasuk warisan budaya dunia (world heritage). Banyak jejak-jejak budaya yang berbentuk fisik yang menarik di Nias, seperti rumah adat, pakaian, makanan, tari. Selain itu, ada tari, lagu, upacara dan aneka simbol-simbol yang merepresentasikan tata nilai dan kehidupan warga Nias yang menarik dan menjadi salah satu representasi keragaman budaya di Indonesia.

(c) Kompas
(c) Kompas

Dalam bahasa aslinya, orang Nias menamakan diri mereka “Ono Niha” (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia) dan pulau Nias sebagai “Tanö Niha” (Tanö = tanah).

Dalam presentasi di Klub Oase, Rebecca juga memperkenalkan beberapa gambar rumah Nias kepada anak-anak. Dan tentu saja Fahombo atau olahraga lompat batu yang terkenal.

Selain itu, dalam presentasi tentang budaya Nias juga diputarkan satu film tentang keindahan budaya Nias yang dibuat oleh para mahasiswa Universitas Tarumanegara.

 

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.