Duta-ultah

Hadiah Ulang Tahun Duta ke-8

Beberapa waktu yang lalu, Duta berulang tahun ke-8. Kami merayakannya dengan sederhana dengan doa bersama. Ibu Lala dan tante Nur membuatkan nasi uduk dan omelet istimewa. Tata membuatkan kue cokelat ulang tahun untuk Duta.

Duta-ultah

Memberi Hadiah Sendiri

Jauh hari sebelum ulang tahun, Duta sudah merencanakan sesuatu untuk dirinya sendiri. “Aku mau beli ring basket,” kata Duta.

Ide ini sebenarnya tidak murni dari Duta. Usai kami belikan bola basket sekitar sebulan yang lalu dan Duta terlihat menikmatinya, kami ingin maju selangkah lagi.

Aku melihat ada dinding bagian depan yang bisa dipasang ring basket dan bisa buat bermain Duta. Lalu aku mulai browsing di toko online untuk melihat harga ring basket dan juga mencari di toko Ace Hardware dekat rumah. Ternyata harganya di kisaran 100-300 ribu.

Nah, saat sedang melihat ring basket di komputer, ternyata Duta melihatnya. Dia langsung menyahut,”Wah, ada ring basket. Aku mau beli. Kayaknya uangku cukup.”

Lalu Duta menghitung tabungannya yang berasal dari angpao lebaran. “Uangnya ada pak. Aku mau beli dengan uangku sendiri ya?” kata Duta.

Tadinya aku berniat membelikan ring itu untuk hadiah Duta. Tapi karena Duta sendiri yang bersemangat, aku membiarkan semangat itu tetap menyala sambil menjadikannya sebagai pembelajaran keuangan (financial literacy).

“Nanti untuk pasangnya minta tolong om Andit, ya?” kataku kepada Duta sambil mengajarinya untuk berkomunikasi dan belajar meminta tolong kepada orang lain.

ring-basket
Bola Dunia untuk Belajar Geografi

Kami sendiri memutuskan memberikan hadiah bola dunia (globe) untuk Duta. Sebenarnya rencana untuk membeli globe ini sudah cukup lama. Tapi kami kesulitan mencari toko yang menjual globe.

Saat kami mencari ring basket di Ace Hardware, ternyata kami melihat ada globe yang bagus. Muncullah kembali ide untuk membeli globe buat Duta karena Duta sering sekali menanyakan lokasi sebuah kota atau negara.

Biasanya kami menggunakan Google map untuk menunjukkan kepada Duta lokasi sebuah kota atau negara. Tapi kami masih merasakan kebutuhan bola dunia untuk memberikan “spatial sense” kepada Duta. Dengan globe yang menjadi miniatur bumi, Duta bisa lebih terbayang posisi negara dan kota-kota yang ingin diketahuinya.

globe-duta

***

Happy birthday Duta! Best wishes for you.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

6 thoughts on “Hadiah Ulang Tahun Duta ke-8”

    1. Terima kasih tante Idaul.
      Iya, waktu berjalan sangat cepat, anak2 sudah semakin besar, kita juga bertambah tua, hehe 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.