Duta-IXL-K

Duta semangat belajar matematika

Duta sedang semangat belajar matematika. Hampir setiap hari dia minta belajar matematika melalui IXL. Itulah caranya dia supaya bisa memakai komputerku.. 🙂

Yang membuatku terkesan, dia mengerjakan beberapa level sekaligus.

Awalnya dia mengerjakan level K (Kindergarten) dan K-1. Kemudian dia tambahi K-2. Terus, tambah lagi K-3. Nah, proses belajarnya sekarang bolak-balik. At least Duta mengerjakan K & K-1, kemudian K-2. Sesekali baru K-3.

Aku tahu, banyak konsep matematika dipelajari secara berurutan (sekuensial). Tapi aku biarkan saja Duta melakukan proses yang tidak berurutan itu. Jika Duta bertanya, aku bantu menjawab. Jika terlalu sulit (karena memang belum mengerti), materinya ditinggalkan dulu.

Buatku, inilah “luxury” dari proses belajar yang tidak terlalu terstruktur dalam homeschooling. Ruang eksplorasi menjadi lebih luas, bahkan untuk materi pelajaran terstruktur seperti matematika. Tak seperti sekolah di mana guru harus mengelola banyak siswa dan oleh karenanya perlu mengatur agar proses belajar bersama bisa dikelola, anak-anak homeschooling bisa lebih fleksibel.

***

Kemarin, Duta minta memakai komputerku dan mengebut belajar IXL tingkat Kindergarten. Padahal hari Minggu. Materi level K ini sebenarnya sudah pernah diselesaikannya, tapi dia ingin mengulanginya dari awal lagi.

Duta terpicu karena sedikit lagi seluruh materi matematika tingkat K selesai dipelajari. Entah berapa skills dia kerjakan dan selesaikan karena prosesnya betul-betul dia lakukan sendiri tanpa keterlibatan kami. Dia hanya lapor sudah dapat bintang.

Duta-IXL-K

Tulisan menarik lainnya

Share this post

9 thoughts on “Duta semangat belajar matematika”

  1. Mas Aar,
    mau nanya, gimana caranya bisa gabung ikutan kelas IXL Math? Tahun ini ada dibuka kelas baru kah?
    Terimakasih.

    1. Kebetulan ada seat kosong mbak. Jika tertarik silakan mendaftar. Email petunjuknya sudah kami kirim. Silakan cek email 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.