Lari

Olahraga Sore

Bagaimana manajemen keseharian homeschooling? Seperti menjalani kehidupan kita. Atau, perumpaan yang lebih canggih adalah seperti memimpin perusahaan.

Ada hal besar yang dituju dan dijalani setiap hari. Juga, ada masalah-masalah keseharian yang harus diselesaikan berdasarkan nilai-nilai besar yang menjadi panduan/acuan kita.

***

Seperti halnya proses homeschooling yang kami jalani saat ini. Koridor besarnya adalah keseimbangan mind, body, and soul; keseimbangan pikiran, badan, jiwa. Praktek kesehariannya dipenuhi berbagai proses improvisasi untuk menjaga agar tetap berada di dalam koridor.

Ketika kami merasa kurang melakukan olahraga dan kegiatan fisik, kami mencari cara untuk melakukan kegiatan fisik. Dulu kami sempat olahraga setiap pagi. Tetapi akhir-akhir ini jadwal olahraga pagi itu jarang terlaksana. Ada saja alasan yang membuat olah raga pagi tak terjadi.

Akhirnya kami memutuskan berolahraga sore. Keluar rumah sekitar pukul 16.30 ke jogging track yang ada di dekat rumah. Kemudian berlari beberapa putaran dan bermain. Semuanya ikut, termasuk Duta. Selain lari dan stretching, kegiatan fisik itu sekarang ditambah dengan proses belajar bermain badminton.

***

Lumayan. Sudah sekitar 1 bulan ini proses olahraga sore berjalan. Tak setiap hari, tapi cukup sering dalam 1 minggu.

Yang membuat anak-anak senang, ada penjual keliling susu murni Nasional yang sering berhenti di tempat olahraga. Jadilah, olahraga sore itu biasanya diakhiri dengan minum susu murni dan anak-anak memilih sendiri rasa susu yang mereka sukai.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Olahraga Sore”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.