fbpx
tips kreativitas anak

8 Cara Untuk Mendukung Kreativitas Anak

Anak-anak adalah peneliti alami dengan imajinasi yang kuat. Kreativitas, yang salah satu pilarnya adalah imajinasi, memberikan banyak manfaat intelektual, emosional, dan bahkan kesehatan pada anak.

Satu penelitian menemukan bahwa imajinasi anak-anak membantu mereka mengatasi rasa sakit. Kreativitas membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri, mengembangkan keterampilan sosial, dan belajar lebih baik. Kreativitas juga salah satu keterampilan penting untuk survive di abad 21.

Berikut ini adalah 8 tips untuk mendukung kreativitas anak.

tips kreativitas anak

1. Sediakan pojok berkarya

Sediakan sebuah ruangan tempat anak Anda dapat berkarya. Ruangannya tidak perlu mewah, sebuah sudut kecil dengan sekarung LEGO atau sekotak pakaian lama untuk bermain sudah mencukupi. Kreativitas dapat berkembang di ruang yang paling sempit, bahkan di daerah kumuh. Kunci utamanya adalah agar anak merasa bahwa mereka memiliki kekuatan atas ruang mereka sendiri.

2. Lakukan kegiatan bersama

Sama seperti ruangan yang tidak perlu mewah, mainan anak juga tidak perlu yang terbaru dan terhebat. Anda dapat mengajak anak anda untuk memainkan permainan dan aktivitas sederhana. Misalnya bermain balok dengan anak tanpa instruksi. Mereka akan memutar roda imajinasi mereka sendiri dan membangun apa yang mereka inginkan.

3. Berikan “waktu bebas”

Penting bagi anda untuk memberikan anak waktu tanpa jadwal apapun. Waktu bebas ini berguna agar anak dapat memikirkan ide bermain dan melakukan kegiatan yang mereka inginkan.

4. Bantu anak menggunakan daya khayal

Berikan anak banyak kesempatan untuk merasakan dan melihat dunia dengan imajinasi mereka. Anda tidak perlu melakukan perjalanan mahal atau kegiatan yang rumit. Ajak mereka untuk berkhayal apa rasanya berkeliling dunia dan melihat lokasi yang jauh, seperti pegunungan Eropa. Binatang apa saja yang ada di sana? Kira-kira cuacanya seperti apa? Kita bisa melihat apa saja ya di sana?

5. Bangun kemampuan kreatif kritis

Ketika anak sudah semakin besar, ajak mereka untuk berdiskusi tentang berbagai kesulitan dan masalah yang ada dan tanya bagaimana perbaikannya menurut mereka. Anda juga bisa mengajak anak untuk memikirkan sebuah masalah dan membayangkan solusi yang menurut mereka cocok untuk memecahkan masalah tersebut.

6. Kurangi kontrol

Anak memiliki kemampuan dasar untuk berlaku kreatif ketika mereka bermain sendiri. Sayangnya, orang tua seringkali terlalu mengontrol sehingga kreativitas dasar anak berkurang.

7. Bantu anak untuk mengejar passionnya

Perhatikan apa yang menjadi ketertarikan anak dan bantu fasilitasi agar mereka dapat melakukan kegiatan tersebut. Apabila anak Anda suka menggambar, maka Anda dapat membantu dengan memberikannya kertas dan pensil warna.

8. Cari waktu untuk meningkatkan kreativitas diri sendiri

Karena anak belajar dari melihat orang tuanya, maka orang tua juga perlu untuk bertindak kreatif. Anda bisa ikut menggambar dengan anak atau membaca buku bersama. Selain membantu anak menjadi lebih kreatif, waktu bersama juga bisa menjadi kesempatan bagus untuk membangun ikatan (bonding) antara anak dan orang tua.

(By YudhisGS)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.