(c) esquire..com

Matematika Chicken Wing

Salah satu masakan buatan Eyang Putri yang disukai anak-anak adalah chicken wing. Ini adalah masakan istimewa karena proses pembuatannya lumayan ribet, terutama saat melepas daging ayam dari tulangnya. Bahan dasarnya sayap ayam. Prosesnya dilepas dagingnya, dilumuri telor, dan tepung roti.

Nah, kemarin di meja makan kami ngobrol tentnag banyak hal, salah satunya adalah proses pembuatan chicken wing Eyang Putri. Eyang Putri bercerita bahwa biasanya dulu beliau membeli sayap ayam di pasar. Dengan uang 10 ribu, diperoleh 8 sayap. Kemudian, untuk membuat chicken wing diperlukan 1 telor dan untuk setiap sayap akan menjadi 2 chicken wing.

Dari obrolan itu, jadilah kami mengobrol tentang matematika uang.

“Kalau uang yang dimiliki Eyang Putri Rp 5000, berapa sayap ayam yang diperoleh dari pasar?” aku ajukan pertanyaan kepada Abby. Karena kaget, Abyy bingung bagaimana menyelesaikan soal itu. Dia tak menyangka pertanyaan itu ditujukan kepadanya, hehehe… Tetapi setelah santai dan mendapat bimbingan logikanya, dia bisa menjawab pertanyaan itu dengan benar.

Dari pertanyaan itu, kami mengeksplorasi berbagai pertanyaan lain bersama Yudhis dan Tata.

  • Berapa sayap ayam yang diperoleh kalau uangnya Rp. 50 ribu? 30 ribu? 20 ribu?
  • 1 sayap bisa menjadi 2 chicken wing. Kalau uang Eyang Putri 10 ribu, berapa chicken wing yang dibuat Eyang Putri? Kalau uangnya 50 ribu, kita bisa dapat berapa chicken wing?
  • Berapa telor yang dibutuhkan kalau uangnya 50 ribu?
  • Kalau ada 5 orang di rumah, setiap orang mendapat berapa chicken wing Eyang Putri?

***

Kegiatan ini santai dan penuh dengan tawa. Waktunya pendek sekitar 15 menit dan kemudian dilanjutkan dengan pembicaraan tentang hal lain. Inilah diantara bentuk pembelajaran yang kami lakukan di rumah.

Belajar melalui obrolan di meja makan. Matematika uang. Matematika chicken wing.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.