belajar membaca dengan lagu

Lagu – Belajar Membaca

Buat teman-teman yang sedang mengajarkan anaknya belajar membaca, ada satu lagu yang ingin aku bagi yang mungkin bisa memudahkan prosesnya.

Buatlah dalam selembar ketas deretan suku kata. Lalu sambil bernyanyi, ajak anak untuk mengikuti lagu sambil menunjuk ke arah suku kata tersebut. Menurut pengalamanku, proses belajar membaca melalui suku kata (dengan lagu) ini lebih efektif daripada proses mengeja be-a=ba.

Dengan “menghafal” suku kata, huruf-huruf itu sudah berbunyi dan langsung akan membentuk kata. Contoh deretan suku kata dapat Anda unduh di sini: http://www.box.net/shared/6ocbrsszhk

Contoh lagu pengantarnya dapat diunduh di SINI

Nada pada lagu ini terinspirasi dari lagu Jepang yang dahulu diajarkan oleh Eyang kakungku kepada ibuku, lalu dengan lagu ini pula ibuku mengajariku, kemudian menjadi lagu andalanku untuk mengajari anak-anakku dan kini aku bagikan kepada teman-teman semua. Semoga bermanfaat 🙂

Tulisan menarik lainnya

Share this post

16 thoughts on “Lagu – Belajar Membaca”

  1. Itu lagu belajar membacanya bisa untuk anak usia 1 tahun 3 bulan ga, mbak? Terima kasih ya lagunya dah menginspirasi saya.

    1. Lagunya sih bisa diputar untuk anak usia berapa saja. Yang penting dibikin santai dan dinikmati, sehingga anak bahagia. Jangan dibikin target sebagai belajar, tetapi dianggap sebagai proses bersenang-senang yang berkualitas. Nanti proses belajar membacanya akan berjalan dg sendirinya.. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.