Kangen-kangenan Klub Oase

Kangen-kangenan Klub Oase

Setelah lama tak berkegiatan bersama, Minggu (11/3) Klub Oase kembali mengadakan kegiatan. Acaranya santai, tak ada agenda khusus, hanya sharing, kangen-kangenan dan ngobrol.

Kami sendiri sebenarnya hari Minggu itu agak repot. Aku harus mengantarkan Yudhis untuk ujian gitar. Ibu ada acara arisan keluarga besar. Jadi praktis tinggal Lala sendiri di rumah yang harus menjadi tuan rumah untuk melayani para tamu Klub Oase.

Kangen-kangenan Klub Oase

Idealnya sih acara Klub Oase ditunda, tapi sayangnya waktu-waktu lain sudah teralokasi dengan jadwal yang padat. Sementara kegiatan Klub Oase harus sudah mulai digulirkan. Jadilah, acara kumpul-kumpul Klub Oase itu tetap diselenggarakan minggu kemarin.

***

Selain kedatangan para sahabat baru Klub Oase, ada kejutan berupa kehadiran Ibu Siti Jauhar Amal, ibunda mas Faizal, yang berprofesi sebagai kepala sekolah di sebuah SD di Jakarta Utara. Beliau kemarin sempat mengikuti acara jalan-jalan ke Salatiga dan Boyolali.

Dalam kesempatan itu, Ibu Siti Jauhar menyatakan kesediaannya untuk memfasilitasi umbrella school untuk para anggota Klub Oase. Tentu saja ini adalah sebuah kabar gembira. Adapun persyaratan teknisnya akan dibicarakan lebih detil, tapi intinya adalah ada kehadiran minimum yang disyaratkan pada saat UTS Gasal, Ujian Semester, UTS Genap, dan Ujian Kenaikan Kelas.

Selain itu, hadir pula mbak Vanda dan mas Ridho, bersama keluarga. Beliau adalah praktisi homeschooling yang tinggal di Oregon, Amerika Serikat, yang kebetulan saat ini sedang berada di Indonesia. Jadi, acara ini sekaligus menjadi momen berharga untuk bertemu muka (setelah sekitar 6 tahun hanya berinteraksi via online) dan mendengarkan sharing pengalaman homeschooling yang dijalani keluarga mbak Vanda.

Tak lupa, ada acara foto bersama di tanah kosong sebelah rumah, yang baru saja selesai diratakan. Tanah seluas sekitar 400 m2 itu baru saja dipinjamkan oleh pemiliknya. Foto ini merupakan bagian dari doa dan mimpi bersama agar tanah kosong ini lebih bisa bermanfaat. Mimpinya, tanah itu akan digunakan untuk kegiatan bersama anak-anak.

Karena acaranya informal, kumpul-kumpul Klub Oase itu tidak memiliki jam berakhir. Saat ada keluarga yang memiliki acara lain, maka tinggal pamit. Sementara yang masih tertinggal terus sharing dan mengobrol, anak-anak bermain dan berkegiatan bersama.

Proses itu berjalan hingga sekitar pukul 15.30, saat para tetamu mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

***

Kegiatan kumpul-kumpul ini merupakan awal dari kegiatan Klub Oase di tahun 2012. Menurut rencana, akan ada serangkaian kegiatan yang disiapkan. Termasuk diantaranya adalah satu seri kegiatan-terpandu untuk mengeksplorasi anak. Kegiatan ini bakalan seru, sifatnya online, jadi kegiatannya bisa diikuti oleh teman2 yang ada di luar kota dan luar negeri. Mirip “Tantangan 30 Hari Klub Oase“, tapi lebih lengkap dan lebih seru.

Itu dulu prolognya… resminya nanti menunggu pengumuman dari Klub oase ya…

*sumber foto: http://www.flickr.com/photos/kluboase/sets/72157629223904976/

Tulisan menarik lainnya

Share this post

8 thoughts on “Kangen-kangenan Klub Oase”

  1. Pak aar n bu lala, klub oase itu saya bisa ikut? Apa syarat2nya ya? Dan didaerah mana ya saya di rawamangun dekat tidak ya? Thanks

  2. Bapak bisakah anak saya gabung klub oase kami di tangerang bisa tolong kami dikabarin klo ada kegiatan ke intanyuliani03.com atau ke wa 081298312386 trims

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.