fbpx

Mencegah Burnout Dalam Keseharian Homeschooling

Menjalani homeschooling bukan sebuah proses yang mudah. Beban orangtua besar karena harus bertanggung jawab pada proses pendidikan anak.
Tentu saja, burnout merupakan sebuah hal yang tidak diharapkan orang tua homeschooling.

Burnout bisa terjadi karena kesibukan orangtua, tetapi bisa juga terjadi karena anak sangat bersemangat belajar dan menuntut pendampingan orangtua terus-menerus.

Semangat Belajar Anak

Anak yang senang belajar dan eksploratif merupakan salah satu kebahagiaan orang tua.

Pada saat bersamaan, semangat anak itu membutuhkan peran orang tua untuk memfasilitasi semangat belajar anak dalam bentuk energi dan waktu.

Waktu dan energi orang tua terbatas sehingga perlu ada keseimbangan antara menemani anak berproses dengan pekerjaan dan kesehatan orang tua.

Apakah orangtua harus memastikan pekerjaan selesai namun pembelajaran anak terpegang seadanya? Atau menemani anak sepenuhnya namun pekerjaan seadanya?

Tarik-menarik kondisi ini merupakan sesuatu yang normal. Tidak ada cara yang pasti benar. Orangtua perlu mencari titik seimbang yang paling sesuai dengan dirinya.

Mencari Titik Seimbang

Ketika anak sudah semangat belajar dan berkegiatan, proses yang dibutuhkan adalah memastikan kesehariannya dapat dilakukan dengan konsisten. Di sinilah peran orangtua yang krusial untuk menemani anak.

Apabila orangtua mulai merasa burnout, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan bersyukur.

Penting bagi anda untuk melihat kejadian tersebut dari sisi positif bahwa anak-anak sedang bersemangat belajar.

Hal selanjutnya adalah dengan berkomunikasi dengan anak dan membuat batasan.

Anak perlu tahu ketika orang tua sedang ada pekerjaan dan mereka perlu beradaptasi dengan kondisi. Kondisi seperti ini tak apa-apa.

Untuk mempermudah penjelasan pada anak, orang tua perlu mengapresiasi semangat belajar anak sebelum memberikan alasan yang jelas mengapa orangtua belum bisa menemani kegiatan sekarang.

Penasaran dengan proses mengelola homeschooling agar orangtua tidak burnout?

Cerita lebih lengkapnya dapat didengarkan dalam podcast “Ngobrol Bareng Rumah Inspirasi” di Spotify dan Anchor melalui link berikut ini:

Spotify:

Anchor:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain