26cooking

Hari #19-#26 Tantangan Klub Oase

Tantangan Klub Oase

Wuiiih dirapel lagi, seminggu pula… hehehe.. maap. Ternyata mendokumentasikan kegiatan anak setiap hari itu benar-benar bukan hal yang MUDAH. Sebenarnya, kalau lagi “sadar” sih kayaknya gampang banget. Toh yang dilakukan kan HANYA mendokumentasikan kegiatan anak-anak. Bukan membuat mereka berkegiatan lalu difoto. Jadi modalnya kan nenteng kamera dan mengambil momen ketika mereka sedang berkegiatan.

Prakteknya? Tidak sesederhana itu. Banyak kegiatan yang “terlewat” begitu saja. Baru “ngeh” kalau harusnya ini bisa didokumentasikan setelah kegiatan itu sendiri berlalu. Jadi kadang yang didokumentasikan justru kegiatan yang “biasa-biasa” aja.

Ada juga kegiatan yang BAGUS , tapi nggak terlalu bisa diabadikan dalam bentuk foto, seperti menceritakan kembali buku-buku yang mereka baca, menerjemahkan video dan NGOBROL… nah. Keluarga kami banyak belajar melalui obrolan keseharian. Kalau sedang ngobrol itu, materi seberat apapun bisa masuk dengan enak ke anak-anak. Dan buat kami terkadang ngobrol itu sebuah “poin” besar. Tapi lagi-lagi itu susah didokumentasikan.

Yang keren itu menurutku adalah mbak Gita Lovusa yang bisa menjabarkan apa yang dipelajari oleh Cha (anak gadisnya) yang sering tidak langsung memasukkan foto Cha ke dalam foto, tapi menggambarkannya dalam bentuk lain. Menurutku aku harus mempelajari caranya bercerita agar tidak bingung mau pasang foto apa di hari yang memang terlewat mendokumentasikan foto.

Salah satu titik lemah lain lagi adalah ketika kita lewat satu hari, maka dengan cepat akan lewat di hari berikutnya, dan tanpa terasa lewat beberapa hari setelahnya. Dan inilah yang terjadi. Motret jalan terus, tapi upload kelewat. Alasannya… tentu saja “sibuk”, “nggak sempet”… apalagi laah… Maklum, namanya juga wanita karir yang kerjanya 24 jam hahaha…..

Akhirnya dengan mengeraskan hati, semalam aku kontemplasi depan komputer dan berhasil mengunggah 6 foto ke dalam Album Tantanganku. Huraaaa… lega benerrrr setelahnya.

Duta dan permainan buatannya
Foto ini aku sertakan dalam Font Challenge
Duta & Kaka
Hari #22 Tantangan Klub Oase
Ibunya rapat.. anaknya main
Yudhis dan project barunya
Hari #25 Tantangan Klub Oase

hohoho… banyak yah ternyata.
Kalau sudah begini terasa berharganya waktu yang berlalu. Satu minggu nyaris aku tidak dapat “apa-apa”. Padahal ternyata kalau didokumentasikan waktu terasa lekat & berarti.

3 hari lagi. Semoga bisa posting setiap hari paling tidak sampai akhir masa Tantangan Klub Oase ini. Wish me luck 🙂

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Hari #19-#26 Tantangan Klub Oase”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.