Internet Sehat Blog Award

Blog Award Bronze ISBA 2010

Internet Sehat Blog Award

Hari ini seharian mengikuti acara Lokakarya Foresight bersama teman-teman LSM mengenai masa depan Internet, media sosial, dan masyarakat sipil. Sampai di rumah malam, ada kejutan yang menyenangkan.

Blog Rumah Inspirasi dinyatakan sebagai salah satu pemenang Blog Award minggu ke-4 Desember. Pengumumannya dimuat di DetikInet

Walaupun awal keberadaan blog ini tak ditujukan untuk memenangkan sebuah perlombaan/penghargaan tertentu, keterpilihan ini bagi kami merupakan sebuah bentuk apresiasi yang patut disyukuri. Penghargaan ini melengkapi penghargaan “5 Blog Mama Terpopuler” yang diberikan oleh majalah Parenting Indonesia. Semoga penghargaan ini dapat memicu kami untuk berkarya lebih baik.

***

Rumah Inspirasi merupakan sebuah beranda rumah kami. Di beranda ini, kami menjamu para sahabat atau tamu yang tidak sengaja mampir (karena diarahkan oleh mas Google saat melakukan pencarian). Dalam jamuan ini, kami berharap bisa berbagi cerita tentang keseharian proses homeschooling yang menjadi pilihan pendidikan bagi keluarga kami.

Dengan menuliskan cerita tentang homeschooling, kami ingin berbagi dengan para keluarga di Indonesia bahwa model pendidikan itu tak hanya satu, seperti sekolah yang kita lihat dan jalani selama ini. Ada model pendidikan lain, yang bukan hanya legal, tetapi tak kalah efektif dan menyenangkan dibandingkan sekolah.

Dengan menyaksikan adanya model pendidikan alternatif selain sekolah, mudah-mudahan keluarga Indonesia semakin memiliki pilihan-pilihan untuk pendidikan putra-putrinya. Keluhan dan keprihatinan yang seringkali muncul terhadap sekolah bisa disalurkan secara lebih produktif ke dalam tindakan-tindakan yg lebih nyata: melakukan perbaikan internal (sekolah) atau memilih model pendidikan yang berbeda dari sekolah.

Melalui blog Rumah Inspirasi ini, kami ingin berbagi perspektif praktis di dalam pelaksanaan homeschooling. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi, baik bagi keluarga yang tertarik dengan homeschooling maupun keluarga yang memilih sekolah dan ingin melakukan pengayaan (enrichment) proses pendidikan dalam keluarga.

***

Terima kasih kepada ISBA 2010 atas penghargaan ini. Terima kasih kepada para sahabat dan teman-teman yang selalu bersama dan menjadi inspirasi bagi kami.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.