computer-girl

Senang membuat belajar menyenangkan

computer-girlKalau anak-anak senang dan “klik” dengan sesuatu yang dipelajarinya, tanpa disuruh pun anak-anak akan belajar dengan gembira. Inisiatif tumbuh, bahkan mungkin kita yang kewalahan untuk meladeninya.

Saat ini kami sedang mengalaminya bersama Tata yang sedang menikmati belajar matematika online di IXL. Dengan hanya memberikan izin kepadanya bahwa komputer boleh dipakai, dia sudah langsung melompat dan bersegera membuka situs IXL dan latihan mengerjakan soal matematika kelas 1.

Kadang-kadang aku menemaninya. Kadang Yudhis. Tak jarang kami hanya melihatnya dari kejauhan, sementara dia keasyikan mengerjakan sendiri dan berteriak-teriak kegirangan setiap kali mendapat “award” karena menyelesaikan satu set soal. Dia terus menghitung jumlah award yang berhasil dikumpulkannya.

Semalam, Tata main komputer mulai pukul 21.00. Dia baru berhenti di depan komputer pukul 22.00 setelah selesai main game dan kami minta istirahat dan tidur. Padahal kemarin adalah hari Minggu.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Senang membuat belajar menyenangkan”

  1. Askum, Q anisa c9 …mw nanyak ne….belajar HS apa ad kurikulumnya? apa bisa mendapat ijasah?c4 thanks to all c6

  2. Kurikulumnya bisa pilih. Mau kurikulum seperti sekolah (kurikulum nasional), kurikulum internasional (misalnya Cambridge IGCSE), atau kurikulum lain yang dinilai paling sesuai. Kalau mau fokus ke bisnis atau model lain yang tak mengikuti kurikulum juga boleh.

    Kalau mau dapat ijazah, tentu mengikuti kurikulum tertentu. Untuk ijazah nasional, bisa ikut ujian persamaan Paket A (SD), B (SMP), C (SMA). Utk ijazah IGCSE, bisa ikut ujian IGCSE yang diselenggarakan oleh perwakilannya di Indonesia.

    Mudah-mudahan membantu. b2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.