Pleo

Belajar Listening & Comprehension

Dalam proses belajar bahasa Inggris yang dilakukan oleh Yudhis, biasanya kami menggunakan materi Raz Kids. Sampai saat ini Yudhis sudah sampai di level P. Kata Yudhis, level pusing, hehehehe… Materinya semakin panjang dan semakin sulit.

Untuk menghindari kejenuhan dalam proses belajar, minggu lalu kami mencoba proses belajar yang lain. Kami ingin Yudhis belajar dan melatih pendengaran dan pemahamannya.

Caranya, kami minta dia untuk mendengarkan video-video pendek berdurasi sekitar 3 menit, kemudian kami minta dia untuk mengartikan narasi yang didengarnya.

Sumber video yang kami gunakan adalah “How Stuff Works“. Yudhis memilih sendiri video yang ingin didengarnya. Kemudian dia menuliskan pemahamannya dan mempostingnya di blog Dunia Yudhis.

Kegiatan ini dilakukannya 3 kali seminggu. Minggu lalu, Yudhis sudah menyelesaikan tiga video:

 

***

Semoga proses belajar ini dapat meningkatkan kemampuan listening & comprehension Yudhis.

Mudah-mudahan Yudhis suatu saat nanti bisa menggunakan video-video belajar seperti yang ada di Khan Academy sebagai materi belajar mandirinya.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.