(c) KidsHealth.org

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-5

Perkembangan Bayi Anda

Sampai saat ini, embrio telah menjadi massa sel. Pada titik ini, dalam kehamilan Anda mulai membuat bentuk yang berbeda. Tabung saraf mengalir dari atas hingga bawah embrio. Di dalamnya, nantinya akan terbentuk sumsum tulang belakang dan otak.

Sebuah tonjolan di tengah embrio akan berkembang menjadi jantung bayi anda. Pada saat ini, plasenta berkembang. Embrio menerima makanan dari ibunya melalui plasenta dan proyeksi yang seperti jari yang disebut vili korionik (chorionic villi).

(c) KidsHealth.org
(c) KidsHealth.org

Perkembangan Badan Anda

Bahkan jika Anda tidak merasa mual, Anda cenderung ingin menghindari makanan tertentu saat Anda sedang hamil. Penyakit akibat makanan, seperti listeriosis dan toksoplasmosis, dapat menyebabkan cacat lahir atau bahkan keguguran.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari:

  • keju lembut & tidak dipasteurisasi seperti keju feta, kambing, Brie, Camembert, dan keju biru.
  • susu, jus, dan sari apel yang tidak dipasteurisasi.
  • telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah, termasuk mousse dan tiramisu.
  • daging, ikan, atau kerang mentah atau setengah matang.
  • daging olahan seperti hot dog dan daging deli (ini harus dimasak dengan baik).
  • ikan yang tinggi merkuri, termasuk hiu, ikan todak, king mackeral, atau tilefish

Toksoplasmosis juga dapat menyebar dari kotak sampah yang kotor. Jadi cobalah untuk menyuruh orang lain membersihkan kotak sampah selama kehamilan Anda.

Referensi: KidsHealth.org

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.