code-combat-forest

Belajar Coding (Pemrograman) di Code Combat

Hampir sebulan terakhir ini, Duta (8 tahun) belajar coding (pemrograman) di Code Combat. Selain itu, Duta mengikuti kegiatan coding bersama teman-temannya dalam “Code Jam” di bawah bimbingan mbak Sari Nursita.

Coding sebagai literasi baru

duta-code-combat2

Coding (pemrograman) adalah sebuah keterampilan dasar yang semakin penting di era ini. Keterampilan coding bukan hanya membuka peluang-peluang professional di dunia IT, tetapi juga mengajarkan cara berfikir yang akan membawa pengaruh baik dalam proses pengambilan kebutuhan (decision making).

Dalam konteks kondisi anak-anak zaman sekarang yang suka bermain game, belajar coding adalah salah satu cara untuk mengubah kegiatan konsumtif menjadi produktif, dari bermain menjadi berkarya, dari konsumen menjadi produsen.

Untuk proses awal belajar coding, ada kegiatan pengenalan yang disebut “Code Hour”, belajar coding selama satu jam. Beberapa tempat belajar “Code Hour” natural lain: Code.org, CodeCademy, Khan Academy.

Belajar Code Combat bersama Cerivitas

code-combat-forest

Code Combat adalah tempat belajar coding dengan role play, anak seperti sedang bermain game pertempuran. Dengan penugasan-penugasan yang diberikan, anak belajar menulis kode pemrograman (bukan drag-and-drop).

Jadi, syarat untuk belajar di Code Combat ini anak harus sudah bisa menulis dan memahami perintah dalam bahasa Inggris. Dalam proses bermain game di Code Combat, anak-anak akan belajar Computer Science, Basic HTML, dan Basic CSS. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Phython.

Kami beruntung, ada mbak Sari Nursita yang mengadakan programming mentoring coding untuk anak-anak. Melalui Cerivitas, mbak Sari Nursita sering mengadakan program pelatihan untuk anak-anak, misalnya: Kelas Minecraft. Untuk kegiatan Code Combat ini, mbak Sari mengorganisir kegiatan pertemuan anak-anak setiap hari Sabtu pagi dengan memberikan tantangan-tantangan pemrograman yang harus dipecahkan oleh anak.

Tertarik? Silakan kontak langsung mbak Sari melalui Cerivitas

Share this post

6 thoughts on “Belajar Coding (Pemrograman) di Code Combat”

  1. Wahh kereen, kalo sy perhatikan Duta termasuk yg cepat menguasai, udh level yg lumayan tinggi lho di CodeCombat. Keep up the awesome job, Duta 😉

    Thanks mas Aar atas rekomendasinya 😀 semoga bermanfaat yaa bagi moms & dads yg lagi nyari komunitas support group, buat anaknya yg tertarik belajar coding 🙂

    1. Terima kasih banyak mbak Sari Nursita. Duta selalu berlatih tiap hari dan menunggu hari Sabtu pagi buat Code Jam.
      Makin bermanfaat & sukses untuk Cerivitas!

  2. jannatin alfafa

    halo mas aar, sya tertarik sekali dengan model homeschooling yg mas aar terapkan. oya kira2 dimana ya sya bisa mendapatkan buku2 karya mas aar tentang homeschooling??

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.