Hasil peserta Lomba Komik

Juri Lomba Komik Anak

Belum lama ini aku diminta menjadi juri dalam lomba komik yang diadakan oleh Komunitas Anak Online asuhan mbak Mira Kurniasari.

Lomba membuat komik ini menggunakan media Bitstrips for School sebagai alat bantu. Tema yang dilombakan adalah: “Kegiatan Saya Saat Libur Sekolah”. Penilaiannya mencakup keterkaitan tema dengan isi komik, kesinambungan aliran cerita, seberapa menarik cerita yang disajikan beserta pemilihan karakter termasuk dengan ekspresi dan latar belakang cerita.

Acara pengumuman pemenang dilaksanakan di Dunkin Donut Rawamangun tanggal 17 Juli 2011. Kebetulan hari itu Duta berulang tahun ke 3, jadilah kami memutuskan untuk sekalian jalan-jalan ke sana.

Hasil peserta Lomba Komik

Peserta lomba komik

Senang melihat antusiasme anak-anak di lomba komik ini. Melihat mereka berkarya di luar pelajaran sekolahnya. Menurutku kita tidak boleh menyepelekan kesukaan anak terhadap komik. Jika anak suka membaca komik sebaiknya diarahkan untuk tidak hanya menjadi pembaca (konsumen) tapi juga menjadi pembuat komik (produsen) karena menjadi komikus adalah sebuah pekerjaan yang keren, apalagi jika dilakukan dengan serius.

Sebagai informasi, lomba membuat komik ini merupakan satu rangkaian dengan pelatihan membuat komik yang dibuat oleh mbak Mira Kurniasari.

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.