tycoons

Belajar Bisnis dengan Game Tycoons

Banyak cara belajar yang tak konvensional di luar buku & mata pelajaran. Salah satu yang sering kami gunakan adalah game komputer. Kebetulan Lala adalah seorang casual game player yang menyukai game simulasi dan time management. Kegemaran memainkan game simulasi itulah yang ditularkan kepada anak-anak, sekaligus menjadi alat untuk bersenang-senang, berkomunikasi, sekaligus belajar bersama.

Beberapa hari terakhir ini, Lala tertarik dengan game Tycoons yang ada di Facebook dan terhubung dengan iPhone. Game itu tentang simulasi bisnis. Yudhis yang sudah mulai mengerti game simulasi tertarik dengan game baru itu. Tapi game itu lebih kompleks dari game yang biasa dimainkan oleh Yudhis. Jadi, Yudhis kali ini hanya mengamati dan belajar bagaimana Lala memainkan game ini.

Kemarin aku mendengar obrolan antara Lala dan Yudhis tentang cara kerja game itu (dan juga sebenarnya konsep bisnis & ekonomi). Mereka mengobrol tentang bagaimana memilih bisnis yang menguntungkan, terciptanya harga, mekanisme supply & demand (kondisi apa yang membuat harga naik atau turun), dan obrolan-obrolan lain tentang bisnis.

Materinya sih serius. Tapi karena medianya game, jadinya tak terasa berat dan mengerikan.

“Aku mulai mengerti, tapi baru sedikit,” kata Yudhis. “Nanti kalau pas Ibu main aku dikasih tahu lagi, ya…”

**

Beginilah salah satu model belajar kami. Mau ikut bergabung main Tycoons dan mengajari anak tentang bisnis?

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Belajar Bisnis dengan Game Tycoons”

  1. Pingback: homeschooling tentang Game sebagai Alat Belajar

  2. Hi, Mbak Lala,
    Bagaimana caranya dapatin game tycoons itu. itu game online FB atau downloaded game? kalau downloaded, bisa minta info download di mana?

    Thanks

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.