keluarga5

Prasyarat untuk Homeschooling

keluarga5Ada prasyarat dalam homeschooling yang sederhana, tapi sangat penting untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan homeschooling. Hal itu adalah “orangtua merasa nyaman dengan anak dan anak merasa nyaman saat bersama orangtua.”

Kelihatannya tidak sulit dan memang seharusnya tidak sulit. Tapi pada prakteknya, kita sering melihat kondisi ini tidak terjadi dalam sebuah keluarga.

Ada orangtua yang pusing, bahkan stress saat terus bersama anaknya dalam jangka waktu lama. Lihat saja, banyak orangtua yang merasa pusing saat anak-anak liburan sekolah. Apa ungkapan yang sering terdengar? “Aku stress anak-anak di rumah terus…”

Sebaliknya juga terjadi. Ada anak-anak yang merasa tak nyaman berkegiatan bersama orangtuanya. Dia merasa orangtuanya cerewet, terlalu banyak mengatur, dan sebagainya.

Bagi keluarga yang ingin menjalankan homeschooling, inilah PR (pekerjaan rumah) pertama dan besar untuk dilakukan: membangun ikatan (bonding) yang kuat antara orangtua dan anak. Dengan ikatan yang kuat, kerikil-kerikil dan masalah yang terjadi dalam pelaksanaan homeschooling bisa lebih mudah dicari solusinya.

***

Dalam konteks membangun ikatan antara orangtua dan anak, berikut ini quote dari John Holt yang semoga bisa menjadi inspirasi:

“Orang tua menyukai anak-anak, menikmati bersama mereka, kehadiran fisik mereka, energi mereka, kebodohan, dan gairah mereka.
Orangtua menikmati semua pembicaraan dan pertanyaan mereka, dan juga menikmati saat berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.
Orangtua melihat anak-anak mereka sebagai teman, tentu saja teman-teman dekat, merasa lebih bahagia ketika mereka dekat dan merindukan mereka ketika mereka jauh.
Orangtua mempercayai mereka sebagai manusia, menghormati martabat mereka yang rapuh, memperlakukan mereka dengan hormat, memperlakukan mereka secara serius.
Orangtua merasakan dalam hati mereka sendiri beberapa keheranan, keingintahuan, dan kegembiraan yang dirasakan anak tentang dunia mereka.
Dan orangtua memiliki kepercayaan diri yang cukup, skeptisisme terhadap pendapat para ahli, dan kesediaan untuk berbeda dari kebanyakan orang, untuk mengambil sendiri tanggung jawab untuk belajar anak-anak mereka.”

(John Holt dalam, “Teach Your Own”)

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Prasyarat untuk Homeschooling”

  1. Kang Aar, Saya tertarik dan rencana mau ikut seminar “tuk Usia Belajar yg akan di mulai 6 September 2016. dan kedua sekaligus mau ikut gabung buat anak saya di kelas 7 kang Aar, boleh ngak ? syaratnya apa saja ya? mohon dapat balas / kirim ke email hizkia.eddy@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.