Nilem

Di Mana PKBM Penyelenggara Ujian di Kota saya?

Ujian Kesetaraan atau biasa disebut ujian Paket diselenggarakan di PKBM. Ujian Paket biasanya digunakan oleh anak-anak putus sekolah dan juga anak-anak homeschooling.

Ada 3 jenis Ujian Paket yaitu Ujian Paket A setara SD, Ujian Paket B setara SMP, dan ujian Paket C setara SMA.

Lalu apa itu PKBM?

PKBM kepanjangannya adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PKBM adalah sebuah lembaga nonformal (seperti sekolah) tempat diselenggarakannya Ujian Kesetaraan atau Ujian Paket. Lembaga itu biasanya ada di setiap kota. Ada PKBM negeri (milik pemerintah), ada juga PKBM swasta. Jadi seperti sekolah, ada sekolah negeri dan sekolah swasta.

Di mana PKBM tempat ujian Paket yang ada di dekat rumah saya? Apakah PKBM yang saya ikut sah atau abal-abal?
Nilem

Untuk mengeceknya, PKBM yang resmi memiliki nomor NILEM (Nomor Induk Lembaga). Anda bisa mengeceknya dengan mengunjungi situs Kemdikbud ini:

http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index31.php

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

15 thoughts on “Di Mana PKBM Penyelenggara Ujian di Kota saya?”

  1. Pa maaf mau tanya kebetulan adik saya kls 2 SMA skarng tpi dia putus sekolah karna masalah keuangan ,apa bisa dia ikut paket c tahun ini ?
    Umur nya 16 tahun ,tapi dia sudah sanggup mengerjakan pelajarn kls 3 SMA

    1. Syarat Ujian Paket C, usia ijazah 3 tahun. Jadwalnya sama seperti ujian SMA. Prosesnya daftar sekarang di PKBM untuk ujian tahun depan

  2. Anak saya sekarang kls 5 sd, tp karena dia trauma akan potensi dibully di sekolahnya, saya berencana akan homeschooling saja, sy sendiri yg akan jd gurunya. Apakah kalau begitu hra daftar di PKBM dlm waktu dekat? Karena tahun depan kan mestinya dia sudah kls 6 & ikut UN. Terima kasih

  3. pak kenapa ya di SBMPTN 2017 buat yg PAKET C Ipa tidak bisa sama sekali buat milih kedokteran umum/pendidikan dokter? bukankah paketcipa dengan unipa itu sudah disetarakan? trmskh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.