jadwal-belajar-agustus

Duta Belajar Menilai Diri Sendiri – Download Jadwal Agustus 2014 gratis

Kemarin adalah hari baru di bulan baru. Seperti biasa kalau bulan baru Duta pasti sibuk mengejar-ngejar aku untuk membuatkan jadwal baru untuknya. Sepertinya Duta senang melihat jadwalnya dan mengetahui apa saja yang harus dilakukannya sepanjang hari.

Ada perkembangan yang cukup menyenangkan untuk urusan jadwal Duta. Kalau dulu Duta meminta bintang untuk semua hal yang berhasil dia lakukan di jadwalnya, maka kini Duta sudah tidak membutuhkan itu lagi. Dia melakukan “cek” di dalam kepalanya saja.

Jadi kalau Duta melihat jadwalnya hari ini dia hanya berkata, “Reading Eggs – udah, Duta’s Book (sebutan untuk lembar kerja yang aku berikan untuk Duta) – udah, nanti aku Tenis sama Gym. Yeaaa”. Lalu dia meneruskan lompat-lompat dan guling-gulingnya.

jadwal-duta-agustus

Sebaliknya, jika ada materi yang belum dia lakukan maka dia yang akan mengejarku untuk minta diberikan materi tersebut. Seperti materi worksheet yang ada dalam jadwal tanggal 1 kemarin, “Mana worksheet aku? Aku mau kerja”. Lalu aku memberikannya satu set jatah worksheetnya hari ini.

Aku memang membagi-bagi materi belajar Duta dalam paket kecil-kecil agar mudah diserap oleh Duta. Hal ini terasa sekali manfaatnya terutama kalau kami sedang sibuk atau ada tamu. Kemarin pun seperti itu, ada tamu datang tapi Duta tetap asyik dengan paket materinya.

Nah, yang lucu adalah biasanya selesai mengerjakan worksheet maka Duta akan mendatangiku untuk minta penilaian, tapi kemarin aku lihat setelah selesai mengerjakan materinya Duta langsung asyik dengan mainannya. Waktu aku tanya “mana worksheetnya? sini ibu periksa”. Duta jawab “Sudah, aku dapet bagus”. Lalu dia menyerahkan worksheetnya. Aku lihat sudah ada nilainya, jadi aku pikir mas Aar yang periksa materi Duta.

Tidak lama mas Aar menghampiri Duta dan bertanya, “Duta mana worksheetnya? Bapak periksa?” lhoo. kok Bapak periksa? Bukannya sudah diperiksa mas Aar? Lalu aku memperlihatkan hasil pekerjaan Duta, mas Aar pun bingung karena tidak merasa periksa materi Duta. Tapi kenapa kertasnya sudah ada tanda A+?

Waktu aku tanya ke Duta, “Ini siapa yang kasih nilai?”. Dengan santai Duta jawab “Duta, ini dapet A+ karena Duta bener, kalau ini B karena Duta salah salah, ini B+ karena salah dikit, ini A- karena kurang rapi” eeeeiiitttss…. hahahaha. Gaya menerangkannya kok persis seperti kalau aku lagi menilai worksheet dia ya? hahaha.. susah sekali aku untuk menahan geli melihatnya.

Coba bandingkan, ini worksheet dengan penilaian aku:

belajar-duta

Ini worksheet hasil penilaian Duta:

belajar-duta2Gaya kan cara Duta menilai dirinya sendiri? hehehe…

Bagaimanapun juga, bagiku ini bagian dari perjalanan perkembangan kecerdasan Duta. Yang penting lagi, Duta menikmati hari-hari & jadwal belajarnya.

Buat teman-teman yang juga ingin membuat jadwal pelajaran untuk anak-anaknya, silakan unduh jadwal belajar bulan Agustus 2014 ini (versi kosong) bisa teman-teman isi sendiri lalu save atau langsung print. Silakan klik pada gambar di bawah untuk download.

Bulan ini temanya Mr Men (tepatnya MASIH Mr Men, maklum Duta benar-benar suka banget dengan Mr Men). O iya, kalau ingin menyimpan hasil isi teman-teman, maka pastikan membuka dan mengisinya di Adobe Reader ya.

jadwal-belajar-agustus

*materi worksheet Duta bisa didapat di situs BentangIlmu

Tulisan menarik lainnya

Share this post

5 thoughts on “Duta Belajar Menilai Diri Sendiri – Download Jadwal Agustus 2014 gratis”

  1. keren banget! baru nyadar kalau materi untuk anak usia dini juga bisa dinilai LOL hehehe *maklum lagi belajar juga emaknya 😀

  2. Mba Lala dan Pak Aar…aduuuhhh inspiratif banget. Saya juga sudah sekitar 3 bulanan ini menerapkan penjadwalan buat Alifa, putri kami. Banyak terinspirasi dari mba Lala dan pak Aar. Terimakasih banyak untuk ilmunya yang bermanfaat ini.

  3. salam kenal untuk mbak lala….wah saya merasa terbantu untuk melakukan hal-hal prioritas di ruung jugmah bersama anak dengan cara yang menyenangkan ya…..kadang bingung untuk memulai memprogram kegiatan yang menyenangkan tapi bernilai untuk anak…
    sangat terinspirasi sekali setelah saya membuka web ini….makasih ya sharenya, semoga menjadi bekal yang bermanfaat telah berbagi bersama kita…..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.